Kompas TV nasional rumah pemilu

Demokrat Beri Sinyal akan Berkoalisi dengan Nasdem dan PKS di Pilpres 2024

Kompas.tv - 19 Juli 2022, 17:09 WIB
demokrat-beri-sinyal-akan-berkoalisi-dengan-nasdem-dan-pks-di-pilpres-2024
Herzaky Mahendra Putra, politikus Partai Demokrat membenarkan adanya pembicaraan terkait isu politik saat pertemuan antara SBY dan Surya Paloh. (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS TV - Kepala Badan Komunikasi Strategis DPP Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra menyebut, pihaknya memiliki kenyamanan dengan Partai Nasdem dan PKS dalam menyongsong gelaran Pilpres 2024 mendatang.  

Ia menjelaskan, alasan pihaknya akan berkoalisi dengan kedua partai politik (parpol) itu lantaran mereka memiliki  komunikasi yang baik dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. 

Baca Juga: Diskusi dengan Berbagai Partai Politik, Ketum Nasdem Surya Paloh: Masih Komunikasi, Belum Koalisi

"Sejauh ini, kami merasa nyaman dengan Partai Nasdem dan PKS, memiliki komunikasi yang baik dengan saudara Anies Baswedan, dan ada kesamaan pandangan dalam berbagai hal," kata Herzaky dalam keterangan tertulis, Selasa (19/7/2022). 

Ia menyebut dalam pertemuan terakhir dengan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh dan Ketua Umum Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menunjukkan keakraban dari kedua tokoh parpol tersebut. 

"Ketokohan Bang Surya Paloh dalam dunia politik dan kebangsaan sudah sangat teruji, dan beliau memberikan perhatian khusus dalam mendorong tokoh-tokoh muda untuk tampil sebagai pemimpin nasional," ujarnya.  

Selain itu, pihaknya menanggapi baik ihwal adanya usulan menduetkan Anies Baswedan dengan AHY di Pilpres 2024 mendatang. 

Ia mengaku akan melakukan survei secara internal untuk mengetahui tingkat elektabilitas pasangan Anies-AHY. 

"Terkait dengan wacana duet Anies-AHY, kami juga akan melaksanakan survei secara internal dan terus mencermati hasil berbagai lembaga survei lainnya, termasuk yang menempatkan duet Anies-AHY sebagai pasangan capres-cawapres yang memiliki elektabilitas tertinggi dan berpotensi memenangkan Pilpres 2024," kata Herzaky. 


Sebelumnya, Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh mengakui ada kecocokan denga Partai Demokrat.

Hal ini merupakan modal yang cukup besar dalam menyongsong agenda Pilpres 2024 mendatang. 

“Chemistry itu ada. Itu modal dasar yang bisa dikapitalisasi untuk sesuatu,” kata Surya Paloh di Nasdem Tower, Jakarta, Kamis (23/6/2022).

Ia menyebut, dalam pertemuan dengan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) telah mencapai sebuah kesepakatan.

Baca Juga: Partai Demokrat Sebut Tak Pernah Beri Syarat AHY Harus Jadi Capres ke Parpol Lain saat Berkoalisi

Namun, itu bukan menandakan kalau sudah terbentuk koalisi. 

"Belum (koalisi). Itu masih belum,” ujarnya. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x