Kompas TV internasional krisis rusia ukraina

Rusia Ancam Perang di Ukraina akan Lebih Lama jika Inggris Terus Kirim Senjata ke Pasukan Zelensky

Kompas.tv - 16 Juli 2022, 10:58 WIB
rusia-ancam-perang-di-ukraina-akan-lebih-lama-jika-inggris-terus-kirim-senjata-ke-pasukan-zelensky
Duta Besar Rusia untuk Inggris Andrey Kelin mengancam perang di Ukraina akan berlangsung lebih lama jika Inggris terus mengirim senjata ke pasukan Ukraina. (Sumber: BBC Via The Sun)
Penulis : Haryo Jati | Editor : Edy A. Putra

MOSKOW, KOMPAS.TV - Duta Besar Rusia untuk Inggris Andrei Kelin mengancam perang di Ukraina akan berlangsung lebih lama jika Inggris terus mengirim senjata ke pasukan Ukraina.

Kelin mengeklaim bahwa senjata yang dikirim Inggris saat ini digunakan untuk menembaki warga sipil di Donbas, Ukraina timur.

“Konflik akan berakhir, mungkin lebih cepat karena Inggris mengerti tak ada kemungkinan menang atas Rusia,” tuturnya dikutip dari Sky News.


Baca Juga: PM Malaysia Minta Perselisihan soal Perekrutan TKI Dibereskan, Ingin Jaga Hubungan dengan Indonesia

“Konflik akan lebih panjang jika Inggris terus mengirim senjata, yang kini digunakan untuk menembaki kota dan penduduk sipil di Donbas dan area lainnya,” lanjut Kelin.

Ia pun menegaskan, semakin banyak Inggris mengirim senjata, semakin lama otoritas Ukraina melanjutkan konflik tersebut.

Kelin pun menambahkan pemerintahan baru Inggris, yang akan terbentuk setelah pemilihan pemimpin Partai Konservatif yang baru, harus realistis pada kebijakannya terkait Ukraina.

Ia menggambarkan dukungan Perdana Menteri Inggris Boris Johnson bagi pemerintahan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky untuk menghalau serangan Rusia adalah salah.

“Ini adalah salah perhitungan, salah perhitungan strategi, atas apa yang terjadi di sana, karena Rusia menang dan menang dengan cepat,” ujar Kelin.

“Inggris mencoba mengirimkan senjata ke Ukraina, tetapi semakin sering pengiriman senjata ke Ukraina, maka Ukraina akan semakin tersiksa,” sambungnya.

Baca Juga: Langkah Mengejutkan Iran usai Dituduh Bakal Bantu Putin: Kami Menentang Serangan Rusia ke Ukraina

Pada Juni lalu, Menteri Pertahanan Inggris Ben Wallace mengatakan negaranya telah membeli dan memperbaiki lebih dari 20 senjata jarak jauh kaliber 144mm dari sebuah perusahaan senjata Belgia untuk Ukraina.

Tetapi tidak diketahui apakah senjata-senjata itu telah dikirim atau sedang digunakan.

Wallace dan beberapa menteri pertahanan negara sekutu lainnya juga mengonfirmasi bahwa peluncur roket dan sistem rudal jarak dekat juga akan dikirimkan ke Ukraina.

Selain itu, Inggris juga melatih pasukan Ukraina untuk menghindari serangan Rusia.



Sumber : Sky News


BERITA LAINNYA



Close Ads x