Kompas TV nasional agama

Kemenkes: Tak Ada Karantina 21 Hari bagi Jemaah Haji Sepulang dari Arab Saudi

Kompas.tv - 14 Juli 2022, 16:43 WIB
kemenkes-tak-ada-karantina-21-hari-bagi-jemaah-haji-sepulang-dari-arab-saudi
Kepala Pusat Kesehatan Haji Kementerian Kesehatan RI, Budi Sylvana dalam konferensi pers, Kamis 14 Juli 2022 (Sumber: Tangkapan Layar Kemenkes RI/Dedik Priyanto)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kepala Pusat Kesehatan Haji Kementerian Kesehatan RI, Budi Sylvana, menegaskan tak ada karantina 21 hari bagi jemaah haji yang dipulangkan secara bertahap mulai besok, Jumat (15/7/2022).

Hal ini sekaligus menjawab banyak orang tentang adanya rumor karantina selama 21 hari bagi jemaah haji setibanya di tanah air.

“Saya masih dapat WA yang menanyakan hal ini, saya tegaskan tidak ada karantina 21 hari bagi para jemaah haji yang pulang,” ujar Budi dalam konperensi pers yang diikuti KOMPAS.TV dari Youtube Kemenkes, Kamis (14/7/2022).

Hanya saja, kata Budi, bagi jemaah yang sakit usai pulang diharakanp segera melaporkan ke fasilitas terdekat selama proses 21 hari tersebut.

Budi pun mempersilakan jemaah haji yang pulang aktivitas seperti biasa.

"Silakan beraktivitas seperti biasa, tapi nanti ada skrining di debarkasi pemulangan masing-masing," imbuhnya. 

Sedangkan alasan pengawasan 21 hari, kata Budi ,terkait dengan beberapa penyakit yang diawasi selepas kepulangan jemaah haji.

Yaitu, COVID-19, Mers-Cov, Meningitis, polio, dan penyakit yang berpotensi menimbulkan Public Health Emergency of International Concern (PHEIOC).

Budi pun beberapa kali menegaskan soal tak adanya karantina terpusat usai jemaah haji pulang yang akan dilakukan pemerintah. 

"Perlu kami tegaskan lagi, tidak ada karantina terpusat selama 21 hari kepada jemaah haji," tambahnya. 

"Yang ada adalah pengawasan kesehatan secara mandiri di daerah masing-masing. Jemaah tetap bisa melakukan akvitas seperti biasa," sambungnya. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Opini

Arch of Augustus di Rimini

28 April 2024, 07:05 WIB

Close Ads x