Kompas TV entertainment lifestyle

NASA Rilis Foto-foto Alam Semesta Terjauh dari Bumi Hasil Teleskop James Webb

Kompas.tv - 13 Juli 2022, 12:50 WIB
nasa-rilis-foto-foto-alam-semesta-terjauh-dari-bumi-hasil-teleskop-james-webb
Stephan Quintet (Sumber: nasa)
Penulis : Dian Nita | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) merilis beberapa foto alam semesta terjauh yang diambil oleh Teleskop James Webb.

Ini merupakan peristiwa sejarah umat manusia karena berhasil mengabadikan sebuah mahakarya alam semesta yang sebelumnya belum pernah dilihat.

Foto-foto yang dirilis NASA ini juga menghebohkan publik dan semakin membuat orang bertanya-tanya, "apakah kita benar-benar sendirian di dunia ini?"

Teleskop James Webb adalah teleskop inframerah terbesar, paling kuat, dan paling kompleks yang pernah ditempatkan di luar angkasa.

Baca Juga: Teleskop Antariksa James Webb Sukses Diluncurkan, Ditugaskan Mencari Tanda-Tanda Kehidupan

Pada Selasa (12/7/2022), enam bulan sejak lepas landas, NASA akhirnya merilis foto operasional pertama Webb yang mengungkap dunia baru yang belum pernah dilihat manusia sebelumnya.

"Gambar ini kira-kira seukuran sebutir pasir yang dipegang, sepotong kecil alam semesta yang luas," tulis NASA dalam keterangan tertulis yang dikutip dari laman resminya, Rabu (13/7/2022).


 

Gambar-gambar tersebut diungkap pertama kali dalam acara di Gedung Putih oleh Presiden AS Joe Biden.

"Jendela baru ke dalam sejarah alam semesta kita," kata Biden.

Teleskop James Webb dinamai dari administrator kedua NASA, James E. Webb, yang memimpin misi Apollo yang mendaratkan manusia pertama di bulan. 

Teleskop ini diluncurkan dari Pusat Antariksa Guyana di Kourou, Guyana Prancis pada 25 Desember 2021 dan membutuhkan waktu sebulan untuk mencapai orbitnya pada jarak 1,5 juta kilometer (940.000 mil) dari Bumi. 

Baca Juga: Ini Alasan Nama James Webb pada Teleskop Ruang Angkasa NASA Jadi Kontroversi hingga Minta Diganti



Sumber : nasa.gov


BERITA LAINNYA



Close Ads x