Kompas TV internasional kompas dunia

Gercep! Menag Yaqut Temui Menteri Saudi Bahas Haji 2023: Kami Sepakat Perbaikan Layanan

Kompas.tv - 12 Juli 2022, 15:27 WIB
gercep-menag-yaqut-temui-menteri-saudi-bahas-haji-2023-kami-sepakat-perbaikan-layanan
Menteri Yaqut Cholil Qoumas (kiri) bertemu Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Tawfiq F Rabiah (kanan) bertemu di Mina, Senin (11/7/2022) membahas tentang persiapan awal penyelenggaraan ibadah haji 1444 H/2023 M. (Sumber: ANTARA/HO.MCH2022)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Deni Muliya

MAKKAH, KOMPAS.TV - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas atau Menag Yaqut bergerak cepat membahas penyelenggaraan ibadah haji tahun 2023 dengan pihak otoritas Arab Saudi. 

Yaqut bertemu Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Tawfiq F Rabiah membahas terkait dengan persiapan awal penyelenggaraan ibadah haji 1444 H/2023 M.

Yaqut menjelaskan, pihaknya sudah sepakat dengan otoritas Arab Saudi soal perbaikan dan peningkatan layanan jemaah haji di tahun depan. 

"Kami sepakat untuk melakukan perbaikan-perbaikan dari apa yang kurang dan terus meningkatkan pelayanan yang sudah baik," kata Yaqut dikutip Media Center Haji di Mekkah, dikutip Antara Selasa (12/7/2022.

Dalam pertemuan tersebut keduanya bersepakat untuk terus berupaya meningkatkan layanan bagi jamaah haji Indonesia.

"Semoga ikhtiar ini menjadi ladang amal saleh dan membuat jamaah konsentrasi beribadah," tambah Yaqut.

Baca Juga: Jemaah Haji Pulang Mulai 15 Juli, Kemenag Persiapkan Sejumlah Fasilitas


Pada kesempatan itu, Menag juga mengapresiasi Pemerintah Kerajaan Arab Saudi atas suksesnya penyelenggaraan ibadah haji 1443 H/2022 M.

"Saya menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya atas kerja sama dan pelayanan jamaah haji Indonesia oleh pemerintah Saudi," kata Gus Men, panggilan akrabnya.

Hadir mendampingi Menag, Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Hilman Latief, Dubes RI untuk Arab Saudi Abdul Aziz, Naib Amirul Hajj Muhammad Hilal Al Aidid, Sekretaris Amirul Hajj Ali Bahar, Konsul Haji KJRI Jeddah Nasrullah Jasam.

Indonesia kini tengah mulai memulangkan jemaah haji secara bertahap. Dimulai pada Jumat besok, 15 Juli 2022. 

Selain itu, Menag Yaqut juga menginformasikan bahwa Kerajaan Arab Saudi mulai membuka layanan untuk jamaah umrah pada 15 Zulhijjah 1443 H atau 14 Juli 2022.



Sumber : Kompas TV/Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x