Kompas TV internasional kompas dunia

Selain Shinzo Abe, Pemimpin dan Tokoh Politik Ini Juga Tewas Dibunuh di Abad 21

Kompas.tv - 11 Juli 2022, 16:51 WIB
selain-shinzo-abe-pemimpin-dan-tokoh-politik-ini-juga-tewas-dibunuh-di-abad-21
Pemimpin Libya, Moammar Khaddafi, tewas diibunuh rakyatnya sendiri dalam pemberontakan yang didalangi Amerika Serikat dan didukung NATO. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Edy A. Putra

TOKYO, KOMPAS.TV - Mantan Perdana Menteri (PM) Jepang Shinzo Abe dibunuh pada Jumat (8/7/2022) oleh seorang pria bersenjata yang melepaskan tembakan ke arahnya saat ia menyampaikan pidato kampanye di sebuah jalan di Jepang barat.

Tidak hanya Shinzo Abe, terdapat sederet pemimpin dan tokoh politik yang dibunuh di abad 21.

Berikut pembunuhan-pembunuhan profil tinggi lainnya di abad ke-21 seperti catatan Associated Press, Senin (11/7/2022/).

8 Juli 2022: Mantan PM yang juga salah satu tokoh politik aktif paling berpengaruh di Jepang saat ini, Shinzo Abe, tewas ditembak dari belakang oleh Tetsuya Yamagami, bekas tentara AL Jepang menggunakan pistol rakitan berlaras dua.

5 Oktober 2021: Anggota parlemen Inggris, David Amess, ditikam sampai mati oleh seorang pendukung ISIS saat bertemu dengan para pemilihnya.

7 Juli 2021: Presiden Haiti Jovenel Moïse dibunuh oleh orang-orang bersenjata yang juga melukai istrinya, Martine, dalam serangan malam di rumah mereka di Port-au-Prince. Lebih dari 40 orang telah ditangkap di Haiti atas serangan itu, termasuk perwira tinggi polisi dan sekelompok eks tentara Kolombia.


Baca Juga: Koalisi Partai Berkuasa Jepang Kuasai Mayoritas Kursi Parlemen, Efek Pembunuhan Shinzo Abe?

Foto terakhir mantan PM Jepang Shinzo Abe saat berpidato dalam kampanye di Nara, Jepang barat sesaat sebelum ditembak pada Jumat, 8 Juli 2022. Abe diterbangkan ke rumah sakit tetapi dia tidak bernapas dan jantungnya berhenti, kata pejabat. (Sumber: Kyodo via AP)

20 April 2021: Presiden Chad Idriss Deby Itno terbunuh saat memerangi pemberontak di utara. Beberapa jam sebelumnya, dia dinyatakan sebagai pemenang pemilihan umum yang akan memperpanjang kekuasaannya enam tahun lagi.

13 Februari 2017: Kim Jong Nam, saudara tiri pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, dibunuh dengan agen saraf VX di sebuah bandara Malaysia. Dia dilihat sebagai kemungkinan ancaman terhadap pemerintahan Kim Jong-un dan dilaporkan bertemu dengan badan-badan intelijen AS.

19 Desember 2016: Duta Besar Rusia untuk Turki Andrei Karlov ditembak mati oleh seorang polisi Turki yang meneriakkan kecaman atas peran militer Rusia di Suriah, di sebuah pameran foto. Pria bersenjata itu kemudian tewas dalam baku tembak dengan polisi.

16 Juni 2016: Anggota parlemen Inggris, Jo Cox, ditembak dan ditikam sampai mati oleh seorang pendukung sayap kanan di desa Birstall, Inggris, bagian dari daerah pemilihannya.

6 Februari 2013: Pemimpin oposisi sayap kiri Tunisia, Chokri Belaid, ditembak mati di luar rumahnya di Tunis.

Pembunuhannya, yang disusul oleh tewasnya pemimpin sayap kiri lainnya, Mohammed Brahmi, enam bulan kemudian, menjerumuskan Tunisia ke dalam kekacauan politik dengan efek yang bergema hingga hari ini. Tidak ada yang dihukum dalam kedua kasus tersebut.




Sumber : Kompas TV/Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x