Kompas TV internasional kompas dunia

Tetsuya Yamagami, Pembunuh Shinzo Abe Dikenal sebagai Orang Biasa yang Tak Mencurigakan

Kompas.tv - 11 Juli 2022, 07:44 WIB
tetsuya-yamagami-pembunuh-shinzo-abe-dikenal-sebagai-orang-biasa-yang-tak-mencurigakan
Tetsuya Yamagami yang menembak mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, dikenal sebagai warga biasa yang tidak mencurigakan. (Sumber: The Associated Press.)
Penulis : Tussie Ayu | Editor : Desy Afrianti

TOKYO, KOMPAS.TV – Tetsuya Yamagami, pria yang menembak mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe hingga tewas, dikenal rekan-rekannya sebagai orang yang benar-benar biasa. Seorang temannya bahkan tidak percaya bahwa Yamagami bisa menembak Abe hingga tewas.

Seorang mantan rekan kerjanya di pabrik Prefektur Kyoto di mana dia baru-baru ini bekerja selama lebih dari satu setengah tahun, menggambarkan Yamagami sebagai orang yang bekerja dengan sungguh-sungguh. Namun kemudian dia terlibat pertengkaran di perusahaan dan tidak hadir secara tidak sah, sehingga memicu dia meninggalkan perusahaan.

Pada konferensi pers hari Sabtu (9/7/2022), seorang karyawan senior di pabrik mengatakan Yamagami dipekerjakan melalui agen pengiriman pada Oktober 2020 dan ditugaskan ke departemen pengiriman barang. Sebagai pemegang surat izin mengemudi forklift, ia bertugas mengangkut barang.

Baca Juga: Pembunuh Shinzo Abe Belajar Rakit Senjata Api Sendiri, Kemudahan Informasi Membuatnya Berbahaya

“Jika itu pembicaraan tentang pekerjaan, dia akan merespons, tetapi dia tidak terbuka tentang kehidupan pribadinya. Dia tampak sopan,” kata mantan rekan kerjanya seperti dikutip dari The Japan Times. Dia menambahkan bahwa Yamagami biasa makan siang sendirian di mobilnya dan bahwa percakapan dengannya tidak pernah menyimpang dari topik yang ada.


 

Selama enam bulan pertama, Yamagami tidak memiliki masalah di kantor. Namun, retakan mulai muncul, ketika dia dianggap mengabaikan praktik kerja secara bertahap dan membuatnya diperingatkan oleh rekan kerja. 

Awal tahun ini, sebuah perusahaan transportasi mendesaknya untuk mematuhi prosedur standar mereka dalam menggunakan bahan bantalan untuk melindungi barang yang dibawa, tetapi Yamagami dilaporkan berpendapat bahwa tidak ada yang salah dengan cara dia melakukannya. Perusahaan kemudian mengajukan permintaan untuk pemindahannya dari peran tersebut.

Staf lama juga mengkritik cara kerjanya, yang terkadang ditanggapi oleh Yamagami secara konfrontatif.
Meskipun sebelumnya tidak ada masalah dengan ketepatan waktu atau kehadiran, ia mulai mengambil cuti tanpa izin mulai bulan Maret dan mengeluhkan “masalah jantung” serta masalah fisik lainnya. Dia menggunakan semua cuti dan pekerjaannya berakhir pada 15 Mei.

Baca Juga: Setelah Pembunuhan Shinzo Abe, Ancaman Teror Mengarah ke Seorang Politikus LDP

Kurang dari dua bulan kemudian, Yamagami, yang sebelumnya bertugas selama sekitar tiga tahun di Pasukan Bela Diri Maritim, ditangkap atas pembunuhan perdana menteri terlama di Jepang.

Berbicara kepada media, mantan rekannya hampir tidak bisa menyembunyikan keterkejutannya dan mengutuk tindakan Yamagami. “Ada masalah di tempat kerja atas apa yang dia lakukan, tetapi tidak pernah sekalipun itu berubah menjadi kekerasan. Dia sepertinya bukan tipe orang yang melakukan hal besar seperti ini," katanya.

Karyawan perusahaan pengirim yang awalnya mewawancarai Yamagami kemudian menyampaikan berita bahwa pekerjaannya diberhentikan. Karyawan tersebut menggambarkan tersangka sebagai seseorang yang tidak banyak bicara dan memiliki perasaan yang sedikit muram. Tapi selebihnya, tidak ada yang terlihat aneh atau mencurigakan dari perilakunya.



Sumber : The Japan Times


BERITA LAINNYA



Close Ads x