Kompas TV olahraga kompas sport

PSSI Akan Protes Laga Thailand vs Vietnam yang Bikin Indonesia Gagal Lolos Semifinal AFF U19

Kompas.tv - 11 Juli 2022, 07:10 WIB
pssi-akan-protes-laga-thailand-vs-vietnam-yang-bikin-indonesia-gagal-lolos-semifinal-aff-u19
Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan menyampaikan kekecewaannya terhadap laga Thailand vs Vietnam di Piala AFF U19, Minggu (10/7/2022). (Sumber: Antara)
Penulis : Rofi Ali Majid | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS TV - Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan berniat memprotes Federasi Sepakbola ASEAN (AFF) terkait duel Thailand vs Vietnam yang berakhir imbang 1-1 pada Minggu (10/7/2022).

"Kami akan membicarakannya terlebih dahulu di PSSI. Kami akan menyampaikan bahwa kami cukup dirugikan," kata Iriawan via Antara.

"Kami akan memutar kembali video pertandingan dan menganalisisnya dengan beberapa pihak, termasuk direktur teknik, sebelum memastikan apakah kami akan mengajukan protes," ujarnya.

Jika protes diajukan ke AFF, menurut Iriawan nantinya Komisi Disiplin AFF jadi pihak terakhir yang menentukan apakah terdapat "permainan" dalam laga itu.

Baca Juga: Vietnam dan Thailand Hanya Bermain Imbang, Shin Tae-yong: Mungkin Mereka Takut dengan Indonesia

"Yang jelas kami kecewa, Thailand dan Vietnam adalah negara besar, masa permainannya begitu-begitu saja," kata Iriawan.

Seperti diketahui, tersaji laga penentuan lolos semifinal Piala AFF U19 dari Grup A pada Minggu (10/7) malam. Indonesia unggul 5-1 atas Myanmar, sementara Thailand vs Vietnam berakhir 1-1.


 

Hasil itu membuat Vietnam, Thailand dan Indonesia sama-sama mengoleksi 11 poin di klasemen akhir Grup A.

Aturan terbaru menyatakan jika terjadi poin yang sama, peringkat ditentukan lewat head to head. Regulasi ini tak seperti tahun-tahun sebelumnya, di mana peringkat ditentukan lewat selisih gol.

Hal itulah yang membuat Indonesia hanya finis di peringkat ketiga, kendati menjadi tim paling produktif dengan total 17 gol dan kemasukan 2 gol saja.

Terlepas dari itu, sebelum pertandingan dimulai, sudah diketahui bahwa nasib Indonesia ditentukan oleh laga Thailand vs Vietnam.

Jika kedua negara itu bermain imbang selain 0-0, kedua kubu otomatis lolos ke semifinal Piala AFF U19, tak peduli hasil Indonesia vs Myanmar.

Baca Juga: Timnas U19 Gagal Lolos, Shin Tae-yong: Regulasi Piala AFF U19 2022 Aneh!



Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x