Kompas TV internasional kompas dunia

Indonesia dan China Sepakat Percepat Pengerjaan Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Kata Media Resmi China

Minggu, 10 Juli 2022 | 19:28 WIB
indonesia-dan-china-sepakat-percepat-pengerjaan-kereta-cepat-jakarta-bandung-kata-media-resmi-china
Indonesia dan China dilaporkan sepakat mempercepat pengerjaan jalur kereta cepat Jakarta-Bandung serta koridor ekonomi komprehensif. Hal itu muncul pada pertemuan Menlu China Wang Yi dengan Menko Marinves Luhut Binsar Pandjaitan, seperti dilaporkan Xinhua yang dikutip Straits Times, Minggu (10/7/2022). (Sumber: EPA-EFE/Straits Times)

Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Edy A. Putra

BALI, KOMPAS.TV - Indonesia dan China dilaporkan sepakat mempercepat pengerjaan jalur kereta cepat Jakarta-Bandung serta koridor ekonomi komprehensif.

Hal itu muncul pada pertemuan Menteri Luar Negeri (Menlu) China Wang Yi dan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marinves) Luhut Binsar Pandjaitan, seperti dilaporkan Xinhua yang dikutip Straits Times, Minggu (10/7/2022).

Kesepakatan itu dilaporkan terjadi pada pertemuan ke-2 Mekanisme Kerja Sama Dialog Tingkat Tinggi China-Indonesia pada Sabtu (9/7/2022).

Luhut mengatakan, hubungan Indonesia-China memiliki kepentingan strategis dan pengaruh global. Kedua negara, kata dia, melakukan kerja sama yang luas dan bertingkat dengan komitmen untuk membangun komunitas dengan masa depan bersama.


Indonesia mendukung dan bersedia berpartisipasi aktif dalam Inisiatif Pembangunan Global dan Inisiatif Keamanan Global yang diusulkan China, kata Luhut seperti dilaporkan Xinhua.

Menlu Indonesia Retno Marsudi yang juga menghadiri pertemuan tersebut, mengatakan Indonesia sangat menghargai koordinasi erat dengan China dan siap bergandengan tangan untuk fokus pada isu-isu mendesak saat ini termasuk perdamaian, pangan, dan ketahanan energi.

Baca Juga: Menlu Retno Lakoni 5 Pertemuan Bilateral di Sela Pertemuan Menlu G20 Kemarin, Ini Yang Dibicarakan

Kondisi bagian muka terowongan atau tunnel 2 jalur Kereta Cepat Jakarta-Bandung di daerah Jatiluhur, Purwakarta, Jawa Barat, Selasa (21/6/2022). Terowongan sepanjang 1.050 meter itu menjadi terowongan yang terakhir dirampungkan karena faktor geologis. (Sumber: Kompas.id/Erika Kurnia )

Sementara Wang mengatakan, kedua belah pihak telah menetapkan arah untuk membangun komunitas China-Indonesia dengan masa depan bersama dan membentuk pola baru hubungan bilateral yang menampilkan "penggerak empat roda" kerja sama politik, ekonomi, budaya, dan maritim.

Kedua belah pihak meninjau secara komprehensif kemajuan kerja sama kedua negara di berbagai bidang dan mencapai konsensus yang luas.

Kedua negara, kata dia, puas dengan hasil yang bermanfaat dari kerja sama ekonomi dan perdagangan antara kedua negara.

Indonesia dan China disebut sepakat untuk mempercepat kerja sama pada proyek-proyek penting seperti Kereta Cepat Jakarta-Bandung, koridor ekonomi komprehensif regional dan kawasan industri.

China mengatakan mendukung Indonesia dalam membangun pusat vaksin regional dan siap membantu meningkatkan kapasitas produksi vaksin dan memajukan pembangunan pusat penelitian bersama untuk vaksin dan gen.


Sumber : Kompas TV/Xinhua/Straits Times

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Korban Serangan Buaya Ditemukan

Senin, 5 Desember 2022 | 23:50 WIB
Close Ads x