Kompas TV nasional peristiwa

Anies Sembelih Sapi Brahman 1 Ton: Coba Dulu Nggak Dibiasakan, Barangkali Kikuk Juga

Minggu, 10 Juli 2022 | 18:20 WIB
anies-sembelih-sapi-brahman-1-ton-coba-dulu-nggak-dibiasakan-barangkali-kikuk-juga
Momen Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (berkemeja putih dan berpeci hitam) menyembelih sapi jenis Brahman seberat 1 ton yang menjadi hewan kurban keluarganya di Musala Babul Khoirot, Jakarta Selatan, Minggu (10/7/2022). (Sumber: KOMPAS TV)

Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan turut menyembelih hewan kurban sapi seberat 1 ton di hari raya Iduladha 1443 H.

Sapi berjenis Brahman itu merupakan hewan yang dikurbankan atas nama keluarga Anies Baswedan.

Proses penyembelihan dilakukan di Musala Babul Khoirot yang berlokasi di sekitar kediaman Anies di kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

Anies mengaku pemotongan sapi yang dilakukannya sendiri berjalan lancar dengan pendampingan petugas dan panitia hewan kurban di Musala Babul Khoirot.

Baca Juga: Detik-detik Anies Potong Sendiri Kurban Sapi 1 Ton Miliknya: Diajari Ayah Sejak Kecil

Menurutnya, cara menyembelih hewan kurban sudah diajarkan kepadanya sejak kecil. Kala itu, sang ayah mengajarinya untuk menyembelih kambing.

"Coba dulu saya nggak dibiasakan barang kali kikuk juga. Karena ada proses pembiasaan, kita merasakan manfaatnya, dan itu yang ingin saya teruskan ke anak-anak kami," ujar Anies seusai berkurban, Minggu (10/7/2022).

Anies menambahkan pengalaman menyembelih hewan kurban ini juga untuk mengajak generasi muda untuk ikut terlibat dalam kegiatan kurban.

Baik menyumbang atau sebagai panitia kurban di masjid atau musala di daerah masing-masing.

"Harapannya dengan anak-anak itu diajak setiap tahun, maka mereka mengalami proses pembiasaan. Sehingga kelak, ketika sudah dewasa, mereka pun akan terbiasa mendatangi dan terlibat langsung (dalam berkurban)," ujar Anies.

Baca Juga: Anies Serahkan Sapi Kurban Bernomor 024, Ada Hubungannya dengan Pilpres 2024?

Tahun ini, Anies mengurbankan empat sapi. Dua sapi didistribusikan di wilayah Jakarta, sedangkan dua ekor dikirim ke kampung halamannya, Kuningan, Jawa Barat, dan almamaternya, Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta. 

Anies juga menyerahkan secara simbolis hewan kurban berupa seekor sapi dengan berat 1,2 ton setelah melaksanakan salat Iduladha di Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara, Minggu.


 


Sumber : Kompas TV

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x