Kompas TV nasional peristiwa

Catat! Belum Vaksin Booster, Penumpang Kereta Api Jarak Jauh Wajib Antigen-PCR Mulai 17 Juli

Minggu, 10 Juli 2022 | 17:10 WIB
catat-belum-vaksin-booster-penumpang-kereta-api-jarak-jauh-wajib-antigen-pcr-mulai-17-juli
Ilustrasi. Mulai 17 Juli 2022, penumpang kereta api jarak jauh yang belum vaksin booster wajib menunjukkan hasil negatif tes antigen atau PCR. (Sumber: Kompastv/Ant)

Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Syarat perjalanan kerta api (KA) jarak jauh kembali diperketat mulai 17 Juli 2022. 

Penumpang KA jarak jauh yang belum mendapatkan vaksin dosis ketiga (booster), wajib menunjukkan hasil negatif antigen atau PCR yang masih berlaku. 

"KAI mendukung seluruh kebijakan pemerintah untuk perjalanan kereta api di masa Pandemi Covid-19. Kebijakan ini diharapkan dapat menekan kembali penyebaran Covid-19 di masyarakat," kata VP Public Relations KAI Joni Martinus dalam keterangan tertulis, Minggu (10/7/2022). 

Joni menuturkan pemberlakuan screening untuk penumpang yang belum mendapatkan booster adalah penyesuaian seusai terbitnya Surat Edaran (SE) Kementerian Perhubungan Nomor 72 Tahun 2022.

Adapun SE Kemenhub tersebut mengatur tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri dengan Transportasi Perkeretaapian pada masa Pandemi Covid-19 tanggal 8 Juli 2022. 

Sebab itu, dia mengajak calon penumpang kereta api untuk mulai melakukan vaksinasi booster dalam rangka mendukung program pemerintah dalam penanganan Covid-19 pada lokasi yang telah ditetapkan oleh pemeriintah.

KAI, lanjut dia, saat ini telah menyediakan fasilitas vaksinasi di berbagai lokasi stasiun dan klinik kesehatan KAI dengan jumlah yang akan terus ditambah menjelang pemberlakuan SE Kemenhub Nomor 72 Tahun 2022. 

Joni menuturkan, KAI optimis, adanya kebijakan ini tidak menurunkan minat masyarakat untuk bepergian menggunakan kereta api yang selalu mengedepankan protokol kesehatan.

Baca Juga: Vaksin Booster Jadi Syarat Perjalanan Dalam Negeri

"KAI akan memastikan seluruh penumpang menerapkan protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah," tegasnya.

Tujuannya, lanjut dia untuk tetap menjadikan perjalanan kereta api yang aman, nyaman, dan sehat sampai di stasiun tujuan. 

Di sisi lain, untuk membantu calon penumpang yang akan melengkapi syarat perjalanan naik kereta api, Joni menuturkan, KAI juga masih menyediakan layanan Rapi tes Antigen seharga Rp35.000 di di berbagai stasiun. 

"Untuk informasi lebih lanjut terkait syarat naik KA di masa pandemi Covid-19 serta layanan antigen dan vaksin masyarakat dapat menghubungi Contact Center KAI," ungkapnya.

Adapun calon penumpang dapat menghubunginya layanan konsumen KAI.

Baca Juga: Perjalanan Elena Rybakina dari Kecil hingga Jadi Juara di Wimbledon 2022.

 


Sumber : Kompas TV

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x