Kompas TV nasional kesehatan

7 Minuman Alami Penurun Kolesterol, Cocok Diminum usai Makan Daging Kurban saat Iduladha

Kompas.tv - 10 Juli 2022, 14:35 WIB
7-minuman-alami-penurun-kolesterol-cocok-diminum-usai-makan-daging-kurban-saat-iduladha
Ilustrasi teh hijau. Minuman jenis ini cocok diminum usai mengonsumsi daging kurban untuk penurun kolesterol. (Sumber: THINKSTOCKPHOTOS)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Perayaan Iduladha di Indonesia selalu identik dengan olahan daging sapi atau kambing dari paket daging kurban.

Hidangan khas Iduladha biasanya disuguhkan dan dinikmati bersama keluarga selepas proses penyembelihan hewan yang dilakukan oleh takmir-takmir masjid.

Berbagai jenis hidangan daging merah tersbut dapat meningkatkan kadar kolesterol di dalam tubuh.

Cara paling mudah untuk mencegah kolesterol naik tiba-tiba, ialah dengan membatasi jumlah porsi makanan olahan daging yang akan Anda konsumsi.

Baca Juga: Hati-Hati, Ini 7 Makanan Penyebab Kolesterol Tinggi yang Sering Dikonsumsi

Namun, apabila Anda masih khawatir, Anda bisa mencoba tujuh minuman untuk mengontrol kadar kolesterol di dalam tubuh yang dilansir dari Kompas.com berikut ini:

1. Teh hijau dan teh hitam

Teh hijau mengandung senyawa antioksidan yang disebut katekin. Senyawa tersebut mampu menurunkan kolesterol jahat di dalam tubuh. 

Selain itu, kandungan kafein yang terdapat pada teh juga membantu meningkatkan kadar kolesterol baik atau high-density lipoprotein (HDL) di dalam tubuh. 

Selain teh hijau, kita juga dapat menikmati sedikit manfaatnya dari teh hitam. Tapi, efeknya tidak akan semaksimal saat mengonsumsi teh hijau, karena kandungan antioksidannya tidak setinggi teh hijau.

2. Susu kedelai

Susu kedelai dinilai sebagai minuman sehat yang rendah lemak jenuh. Menggantikan susu hewani dengan susu kedelai dapat membantu mengelola kadar kolesterol dalam darah.

Food and Drug Administration (FDA) merekomendasikan untuk mengonsumsi 25 gram protein kedelai per hari sebagai bagian dari diet rendah lemak jenuh yang berdampak pada penurunan kolesterol.

3. Jus tomat



Sumber : Kompas TV, Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x