Kompas TV nasional peristiwa

Remaja Citayam di Sudirman Dinilai Bantu Pariwisata, Sandiaga Uno Ingin Tawarkan Beasiswa

Kompas.tv - 8 Juli 2022, 12:57 WIB
remaja-citayam-di-sudirman-dinilai-bantu-pariwisata-sandiaga-uno-ingin-tawarkan-beasiswa
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno berencana menawarkan para remaja Citayam yang nongkrong di Dukuh Atas, Sudirman yang berbakat beasiswa pariwisata.  (Sumber: Kompas.tv/Ant)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menyambut positif fenomena berkumpulnya para remaja asal Citayam, Bogor, Jawa Barat di sekitaran Stasiun MRT Duku Atas, Sudirman, Jakarta.

Sandiaga menuturkan tren remaja Citayam ini dinilai dapat membantu pariwisata dalam negeri, adapun yang dimaksud yakni konten-konten mereka yang dibuat dan diunggah ke media sosial.

Oleh karena itu, ia berencana memberikan beasiswa sekolah pariwisata kepada mereka yang dinilai berpotensi mendukung pariwisata Indonesia.

"Menurut saya kalau mereka berbakat sebagai agen-agen promosi dari destinasi wisata itu, bisa kita rangkul, dan kita berikan pelatihan, dan mungkin nanti kita berikan beasiswa ke Politeknik Pariwisata," kata Sandiaga seperti diwartakan Antara, Jumat (8/7/2022).

"Kebetulan kita ada Politeknik Pariwisata NHI Bandung, tidak jauh dari Citayam untuk mengembangkan bakatnya."

Lebih lanjut, Sandiaga menilai konten-konten yang dibuat para ABG Citayam ini dikemas dengan menarik dan kekinian. 

Baca Juga: Puji 'Citayam Fashion Show' di Dukuh Atas, Wagub DKI: Outfit Mereka Keren, Produk Lokal Lagi

"Karena konten-konten mereka keren, menarik, dan mereka anak-anak eksis yang mengemas konten secara kekinian," ujarnya. 

Ia juga menyebut bahwa maraknya remaja Citayam yang nongkrong di lokasi tersebut merupakan kegiatan pariwisata yang berlangsung di ruang dalam kota. 

Selain itu, menurutnya tren remaja Citayam ini merupakan bentuk demokratisasi gaya hidup milenial.

"Mereka menampilkan produk fashion dari daerahnya tapi tidak membebani daerah itu dengan kegiatan yang negatif. Ini bagian dari urbantourism (wisata perkotaan). Mereka datang lalu di pojok-pojok kota mengambil gambar," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Sandiaga juga memuji para remaja Citayam, karena selalu menjaga kebersihan dan menjaga ketertiban umum saat nongkrong di lokasi tersebut.

"Yang menarik dari anak-anak Citayam ini yang penting tidak nyampah, tidak membuat onar, tidak melakukan kegiatan negatif, mereka asyik-asyik saja," ungkapnya. 

"Saya lihat mereka ada yang mengambil gambar di GBK, di pelataran hutan kota, ada beberapa spot jadi harus kita percantik."

Baca Juga: Pesan Anies untuk Remaja Citayam yang Suka Nongkrong di Dukuh Atas: Jaga Kebersihan



Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x