Kompas TV regional berita daerah

Soroti RKUHP, Mahasiswa di Malang Turun ke Jalan

Rabu, 6 Juli 2022 | 19:13 WIB

Penulis : KompasTV Malang

MALANG, KOMPAS.TV- Sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Resah ( AMARAH) Brawijaya melakukan aksi turun ke jalan untuk menuntut transparansi draft rancangan kitab Undang Undang Pidana (RKUHP). Selain berorasi, massa aksi juga menggelar aksi teatrikal.  

Aksi demonstrasi ini digelar di depan gedung DPRD Kota Malang Rabu (6/6/2022), dengan memakai topeng presiden Jokowi, Ketua DPR RI Puan Maharani dan Wamenkumham Edward Omar Sjarief, massa aksi melakukan aksi teatrikal. Dalam aksi tersebut, terlihat tiga tokoh bertopeng yang terlihat acuh dengan aspirasi masyarakat.

Koordinator aksi, Nizar Rizaldi mengatakan bahwa tuntutan agar pemerintah dan DPR melakukan transparansi, karena mereka khawatir jika RKUHP tersebut disahkan maka adanya pasal yang bermasalah, maka hal tersebut bisa mengancam privasi dan kebebasan berpendapat.

Untuk itu mereka mendesak pemerintah dan DPR untuk melakukan transparansi terhadap draft RKUHP sesuai dengan pembentukan peraturan Perundang-Undangan yang berlaku, serta endesak pemerintah bersama DPR  untuk mendengar, mempertimbangkan dan merespon aspirasi masyarakat.

"RKUHP yang kami nilai mengalami beberapa permasalahan, seperti aspek formil, minimnya partisipasi publik dalam pembentukan peraturan perundang-undangan yang tersebut, tidak diselenggarakan dengan konsultasi publik maupun seminar di perguruan tinggi" terang Nizar, koordinator aksi.

Mahasiswa juga berencana menggelar aksi serupa dengan membawa massa aksi yang lebih besar.

#demorkuhp #mahasiswamalang


Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x