Kompas TV nasional politik

Apakah Cak Imin Masuk Cawapres Prabowo? Ketua Harian Gerindra: Saya Enggak Bisa Bilang Sekarang

Kompas.tv - 6 Juli 2022, 15:18 WIB
apakah-cak-imin-masuk-cawapres-prabowo-ketua-harian-gerindra-saya-enggak-bisa-bilang-sekarang
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar menggelar konfrensi pers bersama usai pertemuan keduanya di rumah pribadi Prabowo, Kertanegara, Jakarta Selatan, Sabtu (18/6/2022). (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS TV - Partai Gerindra dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) telah resmi berkoalisi dalam menyongsong gelaran Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang. 

Kini, teranyar Partai Gerindra menyatakan telah mengantongi nama calon wakil presiden (cawapres) untuk mendampingi Ketua Umum Prabowo Subianto pada Pemilu 2024 nanti. 

Lantas, apakah nama Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin masuk ke dalam bursa cawapres dari Partai Gerindra? 

Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengatakan, pihaknya belum bisa membeberkan ke publik ihwal nama yang dipilih menjadi pendamping dari Prabowo nanti. 

"Saya enggak bisa bilang sekarang, nanti takut melanggar aturan yang ada. Tetapi kalau kemarin kalau kita bilang bahwa sudah ada yang kita kantongi, betul itu sudah ada," kata Dasco di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (6/7/2022). 

Ia menjelaskan, penentuan capres untuk mengukuhkan Prabowo Subianto akan dilakukan dalam Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Partai Gerindra pada akhir Juli ini. 

Baca Juga: PKB Sebut Cak Imin Masuk Daftar Cawapres untuk Dampingi Prabowo di Pilpres 2024

Kemudian, DPP akan membentuk suatu forum internal untuk mengumumkan cawapres. 

"Kami akan Rapimnas pada akhir Juli, nanti setelah rapimnas, kita akan mengukuhkan Prabowo sebagai capres dari Partai Gerindra. Setelah itu, kami akan selenggarakan lagi satu forum sesuai AD/ART partai untuk mengumumkan soal calon wakil presiden," katanya.

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid meyakini nama Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin masuk ke dalam bursa cawapres dari Partai Gerindra. 

"Insyaallah masuk (nama Cak Imin ke dalam bursa cawapres dari Partai Gerindra)," kata Jazilul kepada wartawan, Rabu (6/7/2022).


Menurut dia, koalisi yang digagas antara PKB dan Gerindra memiliki kerangka dasar, yaitu saling menguntungkan.

"Hemat saya, PKB dan Gerindra bekerja sama dalam kerangka simbiosis mutualisme, saling memberi peran, ibarat bunga dan lebah. Termasuk dalam menentukan capres cawapres," ujarnya.

Meski begitu, kata dia, mesti ada pembicaraan lebih lanjut untuk memutuskan nama Cak Imin sebagai cawapres di pesta demokrasi nanti. 

Baca Juga: Soal Nama Cawapres untuk Prabowo di Pilpres 2024, Gerindra: Tunggu Akhir Juli

"PKB memberikan mandat kepada Gus Muhaimin maju capres. Tinggal nanti dibicarakan bersama antara PKB dan Gerindra bila sudah sampai waktunya, antara Mas Bowo dan Gus Muhaimin," katanya. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x