Kompas TV video vod

Minyakita Resmi Diedarkan oleh Pemerintah, Minyak Goreng Kemasan Sederhana Cuma Rp 14.000!

Kompas.tv - 6 Juli 2022, 13:58 WIB
Penulis : Shinta Milenia

JAKARTA, KOMPAS.TV - Di tengah polemik mahalnya harga minyak goreng, Kementerian Perdagangan meluncurkan minyak goreng curah kemasan sederhana bernama Minyakita.

Minyakita memiliki ukuran 1 liter dan dijual dengan harga Rp 14.000.

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan memimpin langsung peluncuran Minyakita di Kantor Kementerian Perdagangan, Rabu (6/7/2022) pagi.

Mendag menyebut bahwa minyak goreng kemasan sederhana ini diharapkan mempermudah distribusi, serta memastikan kebersihan minyak goreng hingga ke tangan konsumen.

Nantinya juga akan ada insentif produksi dan distribusi bagi produsen Minyakita yang besarannya tergantung wilayah distribusi.

Baca Juga: Mendag: Media Tanam Hidroponik Solusi Agar Cabai Murah, Panen Tidak Terpengaruhi Musim!

Zulhas mengatakan, kenaikan harga CPO seharusnya menjadi berkah bagi Indonesia, seperti yang terjadi di negara tetangga.

"Ini berkah sebetulnya. Kalau kita saksikan tetangga, semua bahagia. Petani bahagia, pengusaha bahagia, pemerintah bahagia," kata Zulhas dalam acara peluncuran yang disiarkan KOMPAS TV.

"Petani bahagia karena dapat harga bagus, pengusaha bahagia karena cuan bagus, pemerintah dapat pajak pangan banyak, rakyat juga dapat harga minyak bagus," lanjutnya.

Namun menurut Zulhas, kenaikan harga CPO malah jadi bencana di Indonesia. Lantaran ada masalah di distribusi.

"Nah di negeri kita ini yang harusnya berkah harusnya bahagia, harusnya petani sawit tertawa karena harga bagus, beli motor, beli tanah luas sekolahkan anak, tapi mereka menderita sekali. Pengusaha yang harusnya bahagia tapi ngeluh juga akhir-akhir ini karena tangkinya penuh karena susah ekspor," ungkap Zulhas.

"Mestinya semua bahagia malah jadi bencana," tambahnya.

Ia menyampaikan, "MinyaKita" bisa diluncurkan 3 minggu sejak ia menjabat, karena semua pihak sebenarnya punya tujuan yang sama dan mau bekerja sama.

Saat ini, masalah utama yaitu distribusi sudah teratasi dengan adanya Warung Pangan dan Gurih yang punya pengecer hingga ratusan ribu.

Baca Juga: Program Minyakita Seharga Rp 14.000 Diluncurkan, Ada Dukungan dari Dua Perusahaan

Zulhas menyebut bahwa ada juga produsen yang akan mendistribusikan MinyaKita dalam kemasan botol, sehingga bisa masuk ke ritel modern seperti minimarket dan supermarket.

"Yang kemasan sederhana ini lebih mudah sampai ke Papua dan Maluku. Dan kalau yang sudah dikemas seperti ini bisa masuk ke supermarket. Karena sebelumnya kalau di supermarket enggak mau terima curah karena kotor," terang Zulhas.

Ia menegaskan bahwa MinyaKita sudah terdaftar di Kementerian Perdagangan dan sudah punya izin edar.

"Pendek kata, minyak Rp14.00 Alhamdulillah minggu ini, minggu ketiga sudah berhasil di mana tidak ada antrian tidak ada keluhan," ucap Zulhas.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x