Kompas TV regional berita daerah

Vaksinasi Cegah PMK Mulai Digencarkan

Kompas.tv - 6 Juli 2022, 13:09 WIB
Penulis : KompasTV Dewata

KARANGASEM, KOMPAS TV - Vaksinasi sapi dimulai di Desa Menanga, Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem. Dimana petugas UPT Pusat Kesehatan Hewan mendatangi setiap kandang sapi milik warga, untuk melakukan penyuntikan vaksin Aftopor pada sapi. Vaksin pertama dipusatkan di Desa Menanga, karena wilayah tersebut ditemukan 4 sapi yang positif terinfeksi wabah Penyakit Mulut dan Kuku – PMK. Vaksinasi dilakukan dengan menyasar sapi yang berada radius sekitar 3 km dari ditemukannya sapi yang terinfeksi PMK.

Untuk saat ini Kabupaten Karangasem, Bali, baru mendapatkan seribu dosis vaksin Aftopor dari Dinas Pertanian Provinsi Bali. Jumlah dosis tersebut baru bisa menjangkau sekitar 1 persen dari jumlah populasi sapi di Kabupaten Karangasem yang berjumlah sekitar 133 ribu ekor lebih.

Koordinator vaksinasi menjelaskan, untuk saat ini 100 dosis untuk di Desa Menanga masih kurang karena populasi sapi di Menanga mencapai 300 ekor.

Vaksinasi sapi ini dilakukan sebagai salah satu langkah untuk mencegah penyebaran virus PMK di Kabupaten Karangasem, Bali. Sementara dari data Dinas Pertanian Bali menyebutkan, sapi yang sebelumnya dinyatakan terinfeksi PMK sudah mulai sehat.

 

 

 

 

 

#pmk #vaksinpmk #dinaspertaniankarangasem

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x