Kompas TV regional berita daerah

Kematian Sapi Masih Terjadi Meski Vaksinasi Dilakukan

Kompas.tv - 4 Juli 2022, 17:47 WIB
Penulis : KompasTV Madiun

PONOROGO, KOMPAS.TV -  8000 dosis vaksin untuk PMK di Ponorogo, Jawa Timur, mulai disalurkan. Meski begitu kematian akibat wabah PMK masih terus terjadi hingga mencapai hampir seribu ekor. Sementara, bantuan untuk para peternak hingga kini juga belum tersalurkan.

Dinas Peternakan Ponorogo telah memulai vaksinasi untuk PMK di sejumlah wilayah terdampak di Ponorogo. Dari total 8000 dosis yang diterima, dinas telah melakukan vaksinasi hampir setengahnya. Menyasar wilayah-wilayah yang belum terdampak besar.

Misalnya di 3 desa di Kecamatan Pudak. Yaitu Desa Banjarejo dan Desa Tambang dan Desa Bareng. Penularan di 3 desa ini lebih rendah dibanding 3 desa lainnya yang kematian sapinya bahkan mencapai hampir 1000 ekor akibat PMK maupun disembelih paksa.

Kini Dinas Peternakan masih fokus pada penanganan vaksinasi sambil melakukan pemantauan dan pengobatan untuk ribuan ekor sapi yang terpapar pmk.

Sejumlah peternak yang terdampak langsung juga masih was-was, meski beberapa sapi kini mulai membaik, namun kematian masih terus terjadi.

Pengobatan untuk sapi yang terpapar pmk sudah memasuki tahap ke dua hingga beberapa hari ke depan. Meski begitu, laporan kematian dan penularan akibat PMK masih terus terjadi hingga hari ini.

#beritaponorogo

#penyakitsapi

#sapiponorogo

#peternakanponorogo



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x