Kompas TV nasional sosial

5 Gunung Berapi di Indonesia Berstatus Siaga, Simak Daftarnya di Sini

Minggu, 3 Juli 2022 | 17:22 WIB
5-gunung-berapi-di-indonesia-berstatus-siaga-simak-daftarnya-di-sini
Gunung Merapi di perbatasan Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah tiga kali meluncurkan awan panas guguran pada Kamis sore (Sumber: Kompas.tv/Ant (BPPTKG))

Penulis : Danang Suryo | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mengumumkan bahwa sebanyak 5 gunung berapi di Indonesia berada dalam status Level III atau Siaga.

Aktivitas salah satu gunung di Lampung Selatan, Gunung Anak Krakatau, meningkat dan statusnya diputuskan menjadi Level III atau Siaga.

Dengan peningkatan status tersebut, PVMBG mengimbau agar masyarakat tak mendekati gunung api itu.

"Masyarakat atau pengunjung atau wisatawan atau pendaki tidak mendekati Gunung Anak Kratakau atau beraktivitas dalam radius 5 km dari kawah aktif," bunyi imbauan PVMBG.


Baca Juga: Gunung Ile Lewotolok di NTT Kembali Meletus, Masyarakat Diminta Waspada

Pengawas di Pos Pengamatan Gunung Anak Krakatau, Fahrul Roji, Minggu (3/7/2022) menyatakan, pada pukul 06.00 WIB-12.00 WIB gunung tersebut tertutup kabut sehingga asap kawah tak bisa teramati.

Selama periode tersebut, terjadi sebanyak 2 kali gempa hembusan, 30 kali gempa berfrekuensi rendah, dan 1 kali gempa Tremor Menerus.

Berikut 5 gunung berapi yang berstatus Level III (Siaga) di Indonesia, Minggu 3 Juli 2022

1. Gunung Merapi

Hingga Minggu (3/7/2022), gunung yang berada di area Sleman, Magelang, Boyolali, Klaten ini masih ditetapkan status Level III atau Siaga.

Berdasarkan pos pengamatan yang terletak di seluruh area tersebut, Gunung Merapi masih menunjukkan aktivitas vulkanik yang cukup tinggi. Pengamatan dilakukan pada pukul 06.00 WIB-12.00 WIB.

2. Gunung Awu

Gunung Awu yang terletak di Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara masih berstatus Level III atau Siaga.


Sumber : PVMBG/Kompas.com

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x