Kompas TV regional sosial

Bantul Creative Expo 2022 Digelar Mulai 21 Juli di Pasar Seni Gabusan, Dorong Pertumbuhan Ekonomi

Sabtu, 2 Juli 2022 | 07:17 WIB
bantul-creative-expo-2022-digelar-mulai-21-juli-di-pasar-seni-gabusan-dorong-pertumbuhan-ekonomi
Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bantul Agus Sulistiyana (kanan) saat menjelaskan tentang Bantul Cretaive Expo. (Sumber: Istimewa)

Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Edy A. Putra

BANTUL, KOMPAS.TV – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantul menjadwalkan pelaksanaan Bantul Creative Expo mulai tanggal 21 hingga 26 Juli 2022 di Pasar Seni Gabusan.

Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bantul Agus Sulistiyana, menjelaskan, tema yang diangkat Bantul Creative Expo tahun ini adalah Road To Bantul The City of Craft and Folk Art.

Ia berharap, dengan tema ini, Bantul Expo mendorong pertumbuhan ekonomi dan membuat Bantul mempunyai daya saing.

“Dapat menjadi peluang besar untuk pelaku UMKM untuk mengembangkan bisnisnya serta memungkinkan UMKM melakukan pemasaran dengan tujuan pasar global, sehingga berpeluang menembus ekspor,” ucapnya dalam keterangan tertulis panitia pelaksana yang diterima Jumat (1/7/2022).

“Seperti yang diketahui Kabupaten Bantul memiliki banyak sekali potensi multisektoral, dari sektor budaya, pariwisata, hingga sektor ekonomi kreatifnya, dalam misi menuju Bantul City of Craft And Folk Art."

Baca Juga: Hapus Stigma Beban Keluarga, Lansia di Bantul Tetep Produktif dengan Cara Ini

Bantul Creative Ekspo sekaligus menjadi upaya untuk memajukan produk UMKM dengan pendayagunaan potensi lokal.

“Untuk peningkatan kreativitas, inovasi, dan promosi baik tingkat regional, nasional dan  internasional.”

Agus berharap event ini dapat menjadi ajang promosi dan transaksi potensi UMKM kreatif dan inovatif sehingga bisa diterima di pasar regional, nasional dan global.

Kegiatan ini juga diharapkan mendukung terwujudnya Bantul City of Crafts and Folk Art 2023, sekaligus memberikan hiburan kepada masyarakat.

Sementara penanggung jawab pelaksana, Mukhammad Washar, berharap agar kegiatan ini nantinya bukan hanya sebatas tontonan.

“Tetapi juga menjadi cara pandang dan pemicu partisipasi masyarakat mengenai masa depan kemajuan daerah Bantul menjadi gerbang utama memasuki masa depan,” tuturnya.

“Dan diharapkan bisa menjadi pintu masuk menuju kota kreatif dunia,” kata CEO PT Djaya Dipa Indonesia ini.

Baca Juga: Banyak Ternak Terpapar PMK, Stok Hewan Kurban di Bantul Masih Cukup

Rencananya, Bantul Creative Expo tahun 2022 akan diikuti oleh stand lembaga pemerintah, perbankan, organisasi binaan pemerintah seperti Dekranasda, Iwapi, UMKM-Craft, dll.

Selain itu, juga akan diikuti oleh pihak swasta, dengan total jumlah peserta lebih kurang 90 stand.

Kegiatan itu akan dilanjutkan dengan kegiatan peningkatan promosi dan transaksi UMKM menuju Bantul City of Crafts and Folk Art dari tanggal 26 Juli sampai dengan 21 Agustus 2022.


Sumber : Kompas TV

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Keluarga Brigadir J Fokus Ibadah

Senin, 8 Agustus 2022 | 21:35 WIB
Close Ads x