Kompas TV internasional kompas dunia

Jokowi di Ukraina: Sangat Menyedihkan, Jangan Ada Lagi Kota Rusak Akibat Perang

Kompas.tv - 29 Juni 2022, 16:57 WIB
jokowi-di-ukraina-sangat-menyedihkan-jangan-ada-lagi-kota-rusak-akibat-perang
Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Ibu Iriana saat berada di Kota Irpin, Ukraina, Rabu (29/6/2022) dengan latar belakang puing-puing bangunan yang hancur akibat perang Rusia-Ukraina. (Sumber: Foto: Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Gading Persada

KIEV, KOMPAS.TV- Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Ibu Iriana langsung meninjau kompleks Apartemen Lipky di Kota Irpin, Ukraina, setibanya di Kota Kiev, Rabu (29/6/2022) siang WIB.

Didampingi oleh Wali Kota Irpin Alexander Grigorovich Markushin, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana melihat puing-puing bangunan apartemen yang rusak akibat serangan Rusia.

Jokowi merasakan kesedihan saat melihat bangunan-bangunan yang rusak akibat perang,

“Saya didampingi oleh Wali Kota Irpin dan Deputi Wali Kota Irpin melihat kerusakan yang terjadi di Kota Irpin akibat perang dan sangat menyedihkan sekali banyak rumah-rumah yang rusak kemudian juga infrastruktur yang rusak,” ucap Presiden Jokowi sebagaimana dikutip dari Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden, Rabu (29/6).

Baca Juga: Menerka Keberhasilan Diplomasi 2 Jam Jokowi dengan Presiden Zelensky di Ukraina, Ini Kata Pengamat

Atas gambaran tersebut, Presiden Jokowi pun meminta perang Rusia-Ukraina bisa segera dihentikan. Jokowi menegaskan tidak ingin lagi ada kota-kota di Ukraina yang rusak akibat perang.


“Kita harapkan tidak ada lagi kota-kota yang rusak di Ukraina akibat perang,” ujar Jokowi.

Dalam kunjungannya di Ukraina, turut mendampingi Presiden Jokowi dan Ibu Iriana saat meninjau Kota Irpin, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x