Kompas TV internasional krisis rusia ukraina

Mengintip Gerbong Mewah Kereta VIP Menuju Kiev, Dulunya Dipakai Angkut Turis Kaya, Jokowi Naik Ini?

Rabu, 29 Juni 2022 | 07:05 WIB
mengintip-gerbong-mewah-kereta-vip-menuju-kiev-dulunya-dipakai-angkut-turis-kaya-jokowi-naik-ini
Kondektur Antonina Baskakova menunjukkan ruang makan di dalam gerbong kereta VIP yang biasa digunakan pemimpin dunia untuk menuju Kiev, Ukraina selama perang. Kereta ini dibangun pada 2014 untuk melayani turis kaya yang ingin berlibur ke Krimea, tetapi beralih jalur sejak semenanjung itu dianeksasi Rusia. Foto diambil pada Januari 2022, sebelum perang Rusia-Ukraina meletus. (Sumber: RFE/RL)

Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Vyara Lestari

RZESZOW, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo akan bertolak ke Kiev, Ukraina menggunakan kereta malam dari Polandia. Perjalanan Jokowi untuk menemui Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky ini diperkirakan diperkirakan memakan waktu 12 jam.

Jokowi dan rombongan telah tiba di Rzeszow, Polandia per Selasa (28/6/2022) pukul 11.50 waktu setempat atau 16.50 WIB. Menurut informasi yang diterima Kompas TV dari Sekretariat Presiden RI, Jokowi dan rombongan akan transit dulu di hotel sebelum berangkat.

Sejak perang Rusia-Ukraina meletus pada 24 Februari lalu, kereta merupakan moda transportasi utama para pemimpin dunia menuju Kiev.

Ukraina ditetapkan sebagai zona konflik aktif sehingga pesawat sipil tidak boleh melintas di sana. Perjalanan darat via jalan raya pun berisiko terkena dampak pertempuran. Juga, fasilitas jalan banyak yang rusak oleh bekas pertempuran.

Baca Juga: Jelang ke Ukraina & Rusia, PM Italia Sebut Jokowi Didemo Anggota G7

Kereta pun menjadi moda transportasi yang paling aman untuk pergi ke Kiev. Para pemimpin dunia menggunakan kereta untuk menemui Zelensky sejak Maret lalu.

Penyedia jasa transportasi kereta Ukraina memang tidak bisa menjamin keamanan sepenuhnya. Meskipun demikian, perusahaan bisa menyediakan kenyamanan dengan memberikan fasilitas terbaik.

Para pemimpin dunia yang mengunjungi Kiev, mulai Perdana Menteri Polandia Mateusz Morawiecki hingga Kanselir Jerman Olaf Scholz, dilaporkan menggunakan kereta VIP dan menempati gerbong mewah.

Menurut laporan Radio Free Europe/Radio Liberty (RFE/RL), salah satu kereta mewah yang digunakan adalah kereta yang sebelumnya dipakai mengangkut turis kaya ke Semenanjung Krimea.

Semenanjung Krimea dianeksasi Rusia sejak 2014, hanya beberapa bulan setelah kereta selesai dibuat. Sehingga, kereta tersebut segera beralih jalur.

Pada Januari 2022 lalu, sebelum perang meletus, RFE/RL berkesempatan mengintip interior kereta mewah itu. Berikut foto-foto yang diambil RFE/RL selama tur.

Tempat tidur king-size di dalam gerbong kereta VIP yang biasa digunakan pemimpin dunia untuk menuju Kiev, Ukraina selama perang. Foto diambil pada Januari 2022, sebelum perang Rusia-Ukraina meletus. (Sumber: RFE/RL)
Tempat duduk pinggir jendela di dalam gerbong kereta VIP yang biasa digunakan pemimpin dunia untuk menuju Kiev, Ukraina selama perang. Foto diambil pada Januari 2022, sebelum perang Rusia-Ukraina meletus. (Sumber: RFE/RL)

Selain itu, DW melaporkan bahwa terdapat kereta-kereta lain yang digunakan. Kereta-kereta itu dibangun pada era Uni Soviet, tetapi dimodernisasi beberapa tahun lalu.

Banyak di antaranya dilengkapi fasilitas tempat tidur king-size dan televisi flat. Terdapat juga gerbong ruang rapat dengan tempat duduk berlapis kain.

Perdana Menteri Italia Mario Draghi (kiri), Presiden Prancis Emmanuel Macron (tengah), dan Kanselir Jerman Olaf Scholz berbincang di gerbong kereta dalam perjalanan menuju Kiev, Ukraina dari Polandia, 16 Juni 2022. (Sumber: Ludovic Marin/Pool AFP via AP)

Belum diketahui kereta manakah yang akan dipakai Jokowi untuk bertolak ke Kiev. Di lain sisi, tidak semua politikus mendapatkan kereta VIP.

Pemimpin partai oposisi Jerman, Friedrich Merz, misalnya. Ketika mengunjungi Kiev pada awal Mei lalu, Merz mendapatkan gerbong kelas satu dengan tempat tidur sempit dan meja lipat.

Meskipun demikian, gerbong kelas satu tersebut diyakini lebih nyaman dari bermacam gerbong kelas satu biasa yang terkadang hanya dilengkapi tempat tidur kayu.

Jokowi rencananya akan mengunjungi Zelensky di Kiev sebelum bertolak ke Moskow, Rusia untuk menemui Vladimir Putin. Sang presiden dilaporkan akan membahas solusi damai perang Rusia-Ukraina serta isu krisis pangan.

Baca Juga: Keakraban Jokowi & Pimpinan Dunia di KTT G7, Dipeluk Joe Biden Hingga Dapat Tinju dari Boris Johnson



 


Sumber : Kompas TV

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x