Kompas TV internasional krisis rusia ukraina

Jelang Kunjungan Jokowi, Kiev Diguncang Serangkaian Ledakan, Diduga Serangan Rudal Rusia

Minggu, 26 Juni 2022 | 14:04 WIB
jelang-kunjungan-jokowi-kiev-diguncang-serangkaian-ledakan-diduga-serangan-rudal-rusia
Asap mengepul dari gedung apartemen di Kiev, Ukraina yang dihantam ledakan pada Minggu (26/6/2022) pagi waktu setempat. Serangkaian ledakan yang mengguncang Kiev hari ini diyakini hasil serangan Rusia. Insiden ledakan di Kiev terjadi hanya beberapa hari jelang kunjungan Jokowi ke ibu kota Ukraina tersebut dan Moskow, Rusia untuk bertempu Volodymyr Zelenskyy dan Vladimir Putin. (Sumber: Nariman El-Mofty/Associated Press)

Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Purwanto

KIEV, KOMPAS.TV - Ibu kota Ukraina, Kiev dilaporkan diguncang serangkaian ledakan pada Minggu (26/6/2022) pagi waktu setempat. Hromadske melaporkan ledakan-ledakan itu terjadi di Distrik Shevchenkivskyi di pusat kota Kiev.

Insiden ledakan tersebut pertama dilaporkan oleh Wali Kota Kiev Vitaliy Klitschko melalui kanal Telegram-nya.

“Beberapa ledakan di distrik Shevchenkivskyi. Kru ambulans dan petugas penyelamatan telah bertolak ke lokasi. Informasi detail akan tersedia nanti,” kata Klitschko via Telegram.

Serangan ke Kiev itu terjadi menjelang kunjungan Presiden Joko Widodo ke ibu kota Ukraina tersebut dan Moskow, Rusia pada akhir bulan ini.

Pada Rabu (22/6) lalu, Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi mengonfirmasi bahwa Jokowi akan bertolak ke Kiev dan Moskow untuk menemui Presiden Volodymyr Zelenskyy dan Presiden Vladimir Putin.

Baca Juga: Bertolak ke Rusia dan Ukraina, Jokowi akan Ajak Vladimir Putin Hentikan Perang

Retno tidak membeberkan tanggal kunjungan Jokowi. Ia sebatas menyebut kunjungan itu dilakukan setelah sang presiden menghadiri KTT G-7 di Jerman yang digelar pada 26-27 Juni 2022.

Sementara itu, kantor berita Rusia, TASS melaporkan bahwa Kremlin akan menjamu Jokowi pada 30 Juni mendatang.

Ledakan yang mengguncang Kiev pada Minggu (26/6) pagi ini diyakini merupakan hasil serangan jarak jauh Rusia.

Menurut laporan Hromadske, ledakan membuat sebuah gedung apartemen sembilan lantai mengalami kebakaran. Tiga lain dari gedung tersebut hancur sebagian.


Sumber : Kompas TV/TASS/Hromadske

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x