Kompas TV regional berita daerah

Guru Penggerak, Melayani Murid Sesuai Minat Bakatnya

Kompas.tv - 24 Juni 2022, 13:23 WIB
Penulis : KompasTV Makassar

MAKASSAR, KOMPAS.TV - Untuk mengetahui minat dan bakat murid  guru perlu melakukan asesmen untuk melihat minat dan potensi murid, ungkapan ini terlontar dari seorang guru penggerak di makassar, nasmur  yang juga guru mata pelajaran ipa di smpn 7 makassar  mengaku tugasnya sebagai guru hanya menuntun siswa lewat pembelajaran yang menyenangkan.

Dengan kegiatan berbasis project  para siswa belajar dari lingkungan lewat kegiatan diluar sekolah atau outing. Dalam aktivitas outing siswa melihat persoalan yang ada di sekitarnya dan mencari solusi dari persoalan.

Kementerian pendidikan kebudayaan riset dan teknologi telah mengeluarkan berbagai kebijakan merdeka belajar, hingga juni 2022 kemendikbudristek telah meluncurkan 20 episode merdeka belajar diantaranya program guru penggerak sebagai merdeka belajar episode 5 dan program sekolah penggerak sebagai merdeka belajar episode 7.

Kepala sekolah smpn 7 makassar  muhammad nasir  mengungkapkan, pembelajaran yang telah dilaksanakan guru penggerak  dengan merancang pembelajaran proyek dengan tema kearifan lokal yang mengangkat topik budaya makassar yaitu “kelong”, kelong adalah salah satu jenis sastra bugis makassar yang berbentuk puisi.

Di kesempatan yang sama guru matematika SMPN 7 Makassar syahriani jarimollah  mengibaratkan murid adalah pelanggan (customer) dan guru adalah seorang pelayan, menurutnya keberadaan guru tidak ada artinya tanpa murid.

Program guru penggerak ini dinilai  mampu meningkatkan kompetensi guru  serta berbuat yang terbaik bagi murid, selain itu juga berbagi praktik dengan sesama guru, guru dan sekolah penggerak juga dinilai mampu menggerakkan komunitas belajar  untuk rekan guru di sekolah dan di wilayah, menjadi pengajar praktik bagi guru lain terkait pengembangan pembelajaran di sekolah  dan mendorong peningkatan kepemimpinan murid di sekolah.

#gurupenggerak
#SMPN7
#merdekabelajar



Sumber : Kompas TV Makassar

BERITA LAINNYA



Close Ads x