Kompas TV nasional viral

Posisi Planet-Planet di Tata Surya: Venus Planet Dalam, Jupiter Planet Luar

Jumat, 24 Juni 2022 | 13:19 WIB
posisi-planet-planet-di-tata-surya-venus-planet-dalam-jupiter-planet-luar
Ilustrasi planet di tata surya. (Sumber: interestingengineering.com/iadventtr/iStock)

Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Iman Firdaus

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Astronom membagi planet di tata surya kita menjadi dua kelompok, yaitu planet dalam dan planet luar.

Melansir Kompas.com, planet yang tergolong planet dalam adalah planet-planet yang letaknya dekat dengan matahari. Ciri-cirinya berukuran kecil dan berbatu.

Planet luar adalah planet-planet yang letaknya jauh dari matahari. Umumnya planet luar berukuran besar dan tersusun dari gas.

Merkurius, Venus, Bumi, dan Mars tergolong dalam jajaran planet dalam Tata Surya. Sedangkan Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus merupakan planet luar. 

Empat planet dalam itu juga disebut sebagai planet terestrial karena memiliki permukaan yang padat. Sebagian besar planet dalam terdiri dari logam berat, misalnya besi dan nikel. Mereka tidak memiliki cincin dan jarang memiliki satelit alami atau bulan.

Di sisi lain, planet luar diselubungi gas. Semuanya punya cincin dan banyak bulan. Meski berukuran besar, hanya dua planet yang dapat dilihat dari Bumi tanpa teleskop, yakni Jupiter dan Saturnus.

Berikut ini penjelasan singkat tentang planet-planet di Tata Surya, diurutkan dari yang letaknya paling dekat dari matahari:

1. Merkurius

Planet Merkurius tidak memiliki bulan. Planet terdekat dari matahari ini memiliki atmosfer lemah yang mengandung oksigen,  natrium, hidrogen, helium, dan kalium. 

Rotasi planet berukuran paling kecil ini sangat lambat, yakni 59 hari bumi.

2. Venus

Dianggap sebagai saudara Bumi karena ukuran dan massanya yang mirip, Venus memiliki atmosfer tebal yang mengandung karbondioksida dan nitrogen. 

Venus tidak memiliki cincin dan tidak memiliki bulan. Permukaan planet ini sangat panas, memiliki titik leleh mencapai 480 derajat celcius.

Baca Juga: 7 Fakta Planet Venus: Planet Terpanas dan Paling Terang di Galaksi

3. Bumi

Sejauh ini, planet Bumi merupakan satu-satunya planet di tata surya yang menunjang kehidupan. Bumi hanya punya satu satelit alami, yakni Bulan. 


Sumber : Kompas TV, Kompas.com

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x