Kompas TV nasional politik

Rekomendasi Rapimnas PKS: Bangun Poros Alternatif, Dukung Capres yang Punya Peluang Kemenangan Besar

Kompas.tv - 21 Juni 2022, 14:27 WIB
rekomendasi-rapimnas-pks-bangun-poros-alternatif-dukung-capres-yang-punya-peluang-kemenangan-besar
Presiden PKS Ahmad Syaikhu (Sumber: Humas DPP PKS)
Penulis : Vidi Batlolone | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS. TV – Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menyatakan akan terus membangun komunikasi politik secara intensif dengan partai politik lain dalam rangka membangun poros baru atau poros alternatif. PKS ingin membangun kesepkatan untuk mendukung capres-cawapres yang punya potensi kemenangan besar di Pilpres 2024.

Demikian sejumlah poin yang muncul sebagai rekomendasi dari Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) PKS, yang dibacakan di Jakarta, Selasa (21/6/2022).

Rekomendasi tersebut dibacakan Presiden PKS Ahmad Syaikhu yang didampingin Sekretaris Jendral Aboe Bakar Alhabsyi dan Ketua DPP Bidang Polhukam Al Muzammil Yusuf.

Baca Juga: Rapimnas PKS Dimulai Hari Ini, Siapkan Strategi Pemilu 2024

“PKS  akan terus membangun komunikasi secraa intensif dengan parpol laim. Sebagai upaya membentuk pors baru atau poros alternatif,” kata Ahmad Syaikhu saat membacakan butir rekomendasi.

Selanjutnya PKS siap bersama partai politik lain  menyepakati dukungan kepada  cawapres potensial yang memiliki peluang kemenangan yang besar pada pilpres 2024.

“Guna meningkatkan kualitas demokrasidan menghindari polarisasi bangsa,” ujarnya.

Baca Juga: Sohibul Iman: Pemilih PKS Cenderung Dukung Anies Baswedan Capres

Syaikhu menyatakan DPW PKS se-Indonesia telah menyamapikan aspirasi soal nama-nama capres-cawapres yang bisa diusung pada Pemilu 2024.

Nama-nama dari usulan DPW PKS tersebut kemudian dihimpun dan diusulkan oleh DPP PKS ke Majelis Syuro PKS. Karena kewenangan untuk menentukan pilihan capres-cawapres yang bakal diusung PKS ada di Majelis Syuro PKS.

Rapimnas juga menyepakati sejumlah kriteria untuk capres-cawapres PKS yaitu memiliki rekam jejak , berjiwa nasionalis dan relijius, memiliki dukungan rakyat yang tinggi, serta memiliki kemampuan untuk memimpin dan menyelesaikan persoalan bangsa.

Baca Juga: Giliran PKS akan Bertemu Nasdem, Rabu Mendatang

“Berkomitmen menyatukan seluruh komponen anak bangsa, berkomitmen melayani rakyat,” kata Syaikhu saat membacakan rekomendasi rapimnas.

Di poin rekomendasi terakhir, DPP PKS menugas Fraksi PKS di DPR RI untuk memperjuangkan kebijakan yang berpihak kepada rakyat. Selain itu Fraksi PKS harus mendesak pemerintah agar menjamin ketersediaan dan penurunan harga bahan bakar minyak (BBM), listrik, minyak goreng dan kebutuhan pokok lainnya.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x