Kompas TV nasional politik

Soal Capres, Ganjar Pranowo Sepakat Tegak Lurus dengan Keputusan Megawati

Kompas.tv - 17 Juni 2022, 21:35 WIB
soal-capres-ganjar-pranowo-sepakat-tegak-lurus-dengan-keputusan-megawati
Ganjar Pranowo dalam program Aiman KOMPAS TV dengan tema “Ganjar Buka-bukaan”, Senin (13/6/2022). Ganjar sepakat dengan partai menyerahkan keputusan kepada Megawati Soekarnoputri terkait pengusungan capres. (Sumber: Tangkapan layar YouTube Kompas TV/Ninuk)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menghadiri rapat koordinasi nasional PDI Perjuangan di Sekolah PDI Perjuangan Lenteng Agung, Jumat (17/6/2022). Rakornas ini membahas kesiapan para kader dalam menghadapi pemilu serentak 2024.

Terkait pembahasan nama calon presiden (capres), PDI Perjuangan belum mengumumkan nama calon. Namun, tidak dipungkiri nama Ganjar Pranowo akhir-akhir ini mencuat sebagai capres. Terlebih, nama gubernur Jawa Tengah saat ini masuk dalam tiga besar lembaga survei calon presiden.

Ganjar Pranowo pun menegaskan semua arahan harus melalui Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarno Putri.

Baca Juga: PDI Perjuangan Gelar Rapat Koordinasi Kepala Daerah di Jakarta, Apa Pembahasannya?

“Harus tegak lurus dengan bu ketua umum (ketum) semua, tidak terkecuali,” ujar Ganjar Pranowo.

Menurut Ganjar, itulah kekuatan yang disimpulkan dalam rapat yang muaranya adalah rampak barisan untuk memenangkan Pemilu 2024.

“Jadi eksekutif bagian dari tiga pilar, sudah disampaikan wajib turun, wajib berkomunikasi, wajib menyentuh paling bawah komunikasi paling mudah dan disiplin yang tinggi,” ucap Ganjar.

Sementara, Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menegaskan tidak boleh ada kader yang keluar jalur atau lari dari aturan main karena apa yang ditegaskan ibu ketum adalah mutlak.

“Teman-teman pers sudah tahu jawaban dari Pak Ganjar sejak datang kemarin menegaskan, bahwa saya, PDI Perjuangan, tegak lurus pada perintah ketua umum PDI Perjuangan karena terkait capres dan cawapres kongres memberikan mandat pada Ibu Megawati,” kata Hasto.

Ia juga menilai jawaban Ganjar Pranowo sebagai bentuk kesadaran partai sekaligus jawaban tegas bagi PDI Perjuangan dalam berpolitik, berorganisasi, menjalankan fungsi sistemik. Hal ini yang dilakukan partai politik karena partai politik bukan sepak bola.


Baca Juga: Ganjar Pranowo Jawab Dukungan Nasdem untuk Capres 2024: Saya PDI Perjuangan

Selain Ganjar Pranowo, Rakornas PDI Perjuangan selama dua hari juga dihadiri Wali Kota Solo Gibran Rakabuming, Wali Kota Medan Bobby Nasution, dan sejumlah nama lain.

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x