Kompas TV nasional hukum

Imbas Unggah Foto Stupa Mirip Jokowi, Roy Suryo akan Dipolisikan karena Dianggap Menodai Agama Budha

Kompas.tv - 17 Juni 2022, 06:10 WIB
imbas-unggah-foto-stupa-mirip-jokowi-roy-suryo-akan-dipolisikan-karena-dianggap-menodai-agama-budha
Roy Suryo. Roy Suryo akan dilaporkan ke pihak kepolisian karena mengunggah meme stupa bergambar Presiden Jokowi. (Sumber: Kompas/Yuniadhi Agung)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pakar telematika Roy Suryo akan dilaporkan ke polisi imbas cuitannya di media sosial Twitter soal meme stupa Candi Borobudur yang diedit mirip Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Roy Suryo dilaporkan ke polisi karena dianggap melakukan penodaan agama terhadap umat Buddha karena telah menyebarluaskan meme itu.

Baca Juga: Viral Roy Suryo Unggah Stupa Mirip Jokowi, Ini Kronologinya

Adalah pihak Dharmapala Nusantara yang akan melaporkan mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) tersebut ke polisi pada Jumat (17/6/2022).

"Iya (Roy Suryo akan dilaporkan) jam 1 (siang) besok," kata Ketua Umum Dharmapala Nusantara Kevin Wu dikutip dari Tribunnews pada Kamis (16/6/2022).

Selain Roy Suryo, Kevin menuturkan, pihaknya juga melaporkan orang pertama yang mengunggah meme tersebut ke media sosial Twitter.

"Yang akan kita laporkan itu ada dua pihak. Yang pertama yang diduga mengedit lalu juga yang menyebarluaskan," ucap Roy Suryo.

"Jadi ada dua pihak sepertinya. Kami akan melaporkan akun RoySuryo2, KRMTRoySuryo2. Pemilik akun itu."

Baca Juga: Roy Suryo Bisa Dijerat Hukum karena Unggah Foto Stupa Candi Borobudur Mirip Jokowi

Kevin menjelaskan, meskipun Roy Suryo sudah menghapus unggahannya dan melakukan klarifikasi, namun hal itu tidak membuat ia berhenti untuk melaporkan pengedit dan penyebar luas foto tersebut.

"Ketika beliau menyebarluaskan dengan iktikad yang terkesan tidak baik, itu kan ada pelanggaran di sana. Lalu ketika dia juga mulai menyebut atau menyeret nama-nama lain, itu kan hal yang berbeda," ucapnya.

Menurut Kevin, Roy Suryo selaku mantan menteri seharusnya bisa menjadi teladan atau contoh yang baik. Bukan malah melakukan penodaan agama terhadap umat Budha.

"Itu menteri pemuda olahraga loh. Menteri kepemudaan, harusnya menjadi teladan menjadi contoh," ujar Kevin.


Baca Juga: Klarifikasi Unggahan Candi Borobudur Mirip Jokowi, Roy Suryo: Itu Unggahan Dari Akun Twitter Lain!



Sumber : Kompas TV/Tribunnews.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x