Kompas TV nasional peristiwa

Sebelum Lantik Menteri dan Wamen, Jokowi Makan Siang Bersama Pimpinan Parpol Koalisi

Kompas.tv - 15 Juni 2022, 12:57 WIB
sebelum-lantik-menteri-dan-wamen-jokowi-makan-siang-bersama-pimpinan-parpol-koalisi
Presiden Joko Widodo gelar pertemuan dengan sejumlah pemimpin partai politik koalisi di Presidential Launch jelang pelantikan Menteri dan Wakil Menteri untuk Kabinet Indonesia Maju Sisa Masa Jabatan Periode Tahun 2022-2024. (Sumber: Tangkapan Layar Youtube Setpres/ninuk)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo gelar pertemuan dengan sejumlah pemimpin partai politik koalisi jelang pelantikan Menteri dan Wakil Menteri untuk Kabinet Indonesia Maju Sisa Masa Jabatan Periode Tahun 2022-2024, Rabu siang (15/6/2022).

Pemimpin partai politik yang hadir yakni Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokowi mengajak sejumlah ketua umum partai politik tersebut untuk makan siang bersama di Presidential Launch.

Selanjutnya, Presiden Jokowi dan sejumlah tokoh partai politik tersebut melakukan upacara pelantikan menteri dan wakil menteri di Istana Negara.

Baca Juga: Hadi Tjahjanto, Pensiunan AU yang Disebut Bakal Jadi "Komandan" di Kementerian Agraria

Berdasarkan informasi yang didapatkan KOMPAS TV, menteri dan wakil menteri yang akan dilantik untuk Kabinet Indonesia Maju Sisa Masa Jabatan Periode Tahun 2022-2024, yakni:

Zulkifli Hasan sebagai Menteri Perdagangan

Hadi Tjahjanto sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang

Raja Juli Antoni sebagai Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang

John Wempi Wetipo sebagai Wakil Menteri Dalam Negeri

Afriansyah Noor sebagai Wakil Menteri Tenaga Kerja.

Sebagaimana diketahui, Zulkifli Hasan merupakan Ketua Umum PAN, parpol yang bergabung terakhir dalam koalisi pemerintahan.

Baca Juga: Jokowi akan Reshuffle Kabinet Hari Ini, Pukul 13.30 WIB di Istana Negara

Sementara Hadi Tjahjanto adalah Mantan Panglima TNI yang pensiun pada 17 November 2021.

Lalu Raja Juli Antoni, dikenal sebagai politisi dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI). PSI merupakan partai yang juga mendukung Jokowi untuk menjadi presiden dalam Pilpres 2019.

John Wempi Wetipo, politisi asal Papua ini sebelumnya tercatat sebagai Wakil Menteri PUPR sebelum dikabarkan menjadi Wakil Menteri Dalam Negeri, membantu Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.

Lalu, Afriansyah Noor adalah Sekjen PBB yang dikabarkan akan menjadi Wakil Menteri Tenaga Kerja, memperkuat kepemipinan Ida Fauziah di Kementerian Tenaga Kerja.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x