Kompas TV olahraga kompas sport

Aturan 5 Pemain Pengganti dan 'VAR Lite' Dibahas pada Pertemuan IFAB

Kompas.tv - 14 Juni 2022, 16:49 WIB
aturan-5-pemain-pengganti-dan-var-lite-dibahas-pada-pertemuan-ifab
Mantan wasit kawakan sepak bola dan Ketua Komite Wasit FIFA, Pierluigi Collina. (Sumber: AP)
Penulis : Christandi Dimas | Editor : Purwanto

KOMPAS.TV - FIFA menggelar Rapat Umum Tahunan ke-136 Dewan International Football Association Board atau IFAB di Doha, Qatar, pada 13 Juni 2022.

Salah satu pembicara pada pertemuan IFAB adalah Ketua Komite Wasit, Pierluigi Collina, yang membahas soal 'VAR lite' dan aturan lima pemain pengganti saat pertandingan sepak bola.

"Perlindungan keselamatan para pemain adalah sesuatu yang sangat penting, dan itulah mengapa diperkenalkan adanya amandemen sementara terkait peningkatan jumlah pergantian pemain, memberikan kemungkinan kepada tim untuk menurunkan hingga lima pemain untuk gantikan 11 pemain awal," ujar Pierluigi Collina.

“Setelah beberapa tahun, kami sekarang yakin bahwa ini adalah sesuatu yang positif untuk masa depan. Hal itu diterima dengan sangat baik oleh dunia sepakbola. Dan sekarang, IFAB menyetujui amandemen permanen ini dan setiap penyelenggara kompetisi bebas menentukan berapa banyak pergantian pemain yang akan dilakukan, yang pasti maksimal adalah lima orang," jelas lagi Collina.

Baca Juga: Pelatih Timnas Belgia Soal Romelu Lukaku yang Ngebet Balik ke Inter Milan: Ia Ingin Merasa Penting

Tidak hanya soal aturan lima pemain pengganti, rapat dewan tersebut juga membahas pengembangan teknologi VAR.

"Kami juga bekerja untuk membuat penggunaan teknologi, katakanlah, lebih demokratis. Ini adalah sesuatu yang termasuk dalam visi Presiden FIFA. Dalam arah ini, kami sedang mengembangkan apa yang disebut 'VAR Lite' yang memungkinkan kompetisi dengan jumlah kamera yang lebih rendah untuk menggunakan teknologi ini, dan kami juga mengembangkan sesuatu yang lebih jauh untuk kompetisi tersebut dengan jumlah kamera yang lebih terbatas," lengkap Collina.

"Saya ulangi: target kami adalah membuat teknologi tersedia untuk lebih banyak kompetisi dengan anggaran berbeda, dengan ketersediaan berbeda, dan seterusnya," jelas Collina.



Sumber : AP


BERITA LAINNYA



Close Ads x