Kompas TV regional peristiwa

Kronologi Tabrakan Dua Kapal di Perairan Batam, Salah Satunya Nyaris Tenggelam

Kompas.tv - 12 Juni 2022, 02:05 WIB
kronologi-tabrakan-dua-kapal-di-perairan-batam-salah-satunya-nyaris-tenggelam
Ilustrasi kapal tenggelam (Sumber: Thinkstock via Kompas.com)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Hariyanto Kurniawan

BATAM, KOMPAS.TV - Terjadi insiden tabrakan dua kapal di Perairan Utara Nongsa Batam, Sabtu (11/6/2022) dini hari. Kapal yang bertabrakan itu adalah Tongkang TB Marine 59 dan MV Howin.

Akibat kejadian itu, Tongkang TB Marine 59 yang bermuatan batu geranium granit sejumlah 4.345.000 KGS nyaris tenggelam separuh badan. Sementara, MV Honwin kembali melanjutkan perjalanan seusai kejadian.

Menurut Kepala Pangkalan PLP Kelas II Tanjung Uban Handry Sulfian, Pangkalan PLP Tanjung Uban menerima berita dari VTS Batam, pukul 03.35 LT.

Baca Juga: Kapal Tenggelam, Nahkoda dan ABK Terombang-ambing di Laut

"Tidak ada korban jiwa. Semua anak buah kapal (ABK) dari kapal tersebut selamat," ujar Handry seperti yang dikutip dari Kompas.com, Sabtu (11/6/2022).

Saat ini, posisi TB Marine sudah aman setelah dievakuasi oleh Tim SAR dan Tim KN Sarotama P.112 dari Pangkalan PLP Tanjung Uban. Kendati demikian, Tim Patroli KN Sarotama P.112 masih bersiaga melakukan pengawasan dan pemeriksaan terhadap kapal tersebut.

Baca Juga: Kapal Tenggelam, Nahkoda dan ABK Bertahan dengan Papan Kayu di Tengah Laut

Selanjutnya, Tim Pangkalan PLP Tanjung Uban berkolaborasi dengan Tim KSOP Khusus Batam akan menyerahterimakan dokumen kapal dan dokumen kru.



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x