Kompas TV olahraga kompas sport

Kualifikasi Piala Asia 2023 Mulai 8 Juni: Format, Sistem Kompetisi dan Jadwal Timnas Indonesia

Kompas.tv - 6 Juni 2022, 09:32 WIB
kualifikasi-piala-asia-2023-mulai-8-juni-format-sistem-kompetisi-dan-jadwal-timnas-indonesia
Shin Tae-yong ingin menguji Timnas Indonesia saat melawan Bangladesh sebelum tampil di Kualifikasi Piala Asia 2023. (Sumber: PSSI)
Penulis : Rofi Ali Majid | Editor : Desy Afrianti

SOLO, KOMPAS.TV - Kuaifikasi Piala Asia 2023 ronde ketiga akan dihelat mulai Rabu (8/5/2022) mendatang. Bagaimana format dan sistem kompetisi yang digunakan selama kualifikasi?

Sebanyak 24 tim akan berlaga di ronde ketiga, selepas melewati penyisihan ronde pertama dan kedua yang pelaksanaanya digabung dengan Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia.

Sebanyak 13 tim yang terdiri dari juara grup dan 5 runner-up terbaik selama kualifikasi ronde kedua, sudah dipastikan lolos ke Piala Asia 2023. Ke-13 tim itu kini sedang mengikuti kualifikasi terakhir menuju Piala Dunia Qatar.

Adapun tim yang belum lolos kualifikasi ronde kedua, wajib mengikuti kualifikasi ronde ketiga, memperebutkan 11 tiket tersisa.

Format & Sistem Kualifikasi Piala Asia Ronde Ketiga

Kualifikasi yang dimulai pada Rabu nanti adalah penyisihan terakhir bagi 24 tim sebelum Piala Asia dihelat tahun depan.

Awalnya, 24 tim akan dibagi dalam 8 grup yang terdiri dari 4 negara per grup. Pertandingan diakukan dengan sistem round-roubin atau saling bertemu dalam 2 leg. Semua juara grup dan 3 runner-up terbaik pada klasemen akhir bakal melaju ke Piala Asia 2023 mendatang.

Baca Juga: Vinicius Junior Nyaris Baku Hantam dengan Richarlison, Neymar dan Dani Alves Melerai

Jadwal Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia Ronde Ketiga

Timnas Indonesia lolos ke kualifikasi ronde ketiga dengan susah payah via play-off. Sebab, saat melakoni kualifikasi ronde kedua, Indonesia masuk dalam 4 tim terburuk bersama Kamboja, Guam dan China Taipei.

Keempat tim itu kemudian diundi untuk bertanding memperebutkan 2 tiket menuju ronde ketiga lewat play-off. Hasinya, Indonesia yang mengalahkan China Taipei dan Kamboja mengungguli Guam datang sebagai 2 peserta terakhir yang lolos ke kualifikasi ronde ketiga

Berdasarkan hasil drawing, Timnas Indonesia tergabung di Grup A bersama Yordania, Kuwait dan Nepal. Partai perdana akan digeber pada Rabu (8/6) pukul 23.15 WIB melawan Kuwait.

Berikut jadwal Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia Ronde Ketiga leg pertama:

Rabu, 8 Juni 2022
23.15 WIB: Kuwait vs Indonesia

Minggu, 12 Juni 2022
02.15 WIB: Indonesia vs Yordania

Rabu, 15 Juni 2022
02.15 WIB: Indonesia vs Nepal

Baca Juga: Lolos ke Piala Dunia 2022, Gareth Bale: Hasil Terhebat dalam Sejarah Sepak Bola Wales

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x