Kompas TV olahraga kompas sport

Hasil FP1 MotoGP Catalunya 2022: Alex Rins Tercepat, Vinales Kedua

Kompas.tv - 3 Juni 2022, 16:39 WIB
hasil-fp1-motogp-catalunya-2022-alex-rins-tercepat-vinales-kedua
Pembalap Suzuki, Alex Rins yang berasal dari Spanyol, saat merayakan kemenangannya di Grand Prix Motor Aragon di sirkuit Motorland di Alcaniz, Spanyol, Minggu, 18 Oktober 2020. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Edy A. Putra

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Pembalap Suzuki Ecstar, Alex Rins, mencatatkan waktu tercepat pada sesi free practice atau latihan bebas pertama (FP1) MotoGP Catalunya 2022 yang berlangsung di Sirkuit Barcelona, Jumat (3/6/2022) sore WIB.

Rins mencatatkan waktu tercepat setelah melesat pada lap-lap terakhir FP1, rider asal Spanyol tersebut membuat catatan waktu 1 menit 40,101 detik.

Ia unggul 0,195 detik dari Maverick Vinales (Aprilia Racing) yang menempati peringkat kedua, lalu peringkat ketiga diisi oleh Franco Morbidelli (Monster Energy Yamaha).

Sementara Fabio Quartararo dan Francesco Bagnaia lepas dari 10 besar. Quarataro berada di posisi 13 dan Bagnaia di posisi 14.

Dikutip dari Kompas.com, saat sesi FP1 MotoGP Catalunya baru berdurasi tujuh menit, Aleix Espargaro sudah memimpin catatan waktu terbaik 1 menit 40,745 detik.

Namun, catatan waktu terbaik Aleix Espargaro tak bertahan lama. Franco Morbidelli berhasil mencatatkan waktu terbaik 1 menit 40,695 detik saat FP1 sudah berdurasi 12 menit.

Baca Juga: Klasemen MotoGP 2022 Setelah MotoGP Italia Selesai

Sedangkan juara dunia MotoGP 2021, Fabio Quartararo berada di urutan kedelapan.

Sampai sesi FP1 MotoGP Catalunya hampir memasuki setengah jalan, Morbidelli masih memimpin di urutan pertama.

Rider asal Italia itu unggul 0,013 detik atas Aleix Espargaro yang berada di urutan kedua, rekan setim Aleix, Maverick Vinales, berada di urutan kelima.

Perubahan posisi terjadi saat FP1 MotoGP Catalunya sudah berjalan 27 menit. Quartararo terlempar dari 10 besar. Ia berada di urutan ke-11.

Bukan hanya Quartararo, pembalap ternama lainnya Francesco Bagnaia juga terlempar dari 10 besar.

Rider Ducati Lenovo itu berada di bawah Quartararo. Kala sesi FP1 menyisakan delapan menit, rider Pramac Racing, Jorge Martin, mengalami crash di Tikungan 2.

Hingga FP1 berakhir, Alex Rins mengeklaim status sebagai yang tercepat. Pembalap Suzuki Esctar itu mencatat waktu 1 menit 40,101 detik.

Berikut 10 pembalap teratas pada FP1 MotoGP Catalunya 2022:  

  1. Alex Rins (Suzuki Esctar)
  2. Maverick Vinales (Aprilia Racing)
  3. Franco Morbidelli (Monster Energy Yamaha)
  4. Aleix Espargaro (Aprilia Racing)
  5. Pol Espargaro (Repsol Honda)
  6. Takaaki Nakagami (LCR Honda)
  7. Alex Marquez (LCR Honda)
  8. Miguel Oliveira (Red Bull KTM)
  9. Joan Mir (Suzuki Ecstar)
  10. Enea Bastianini (Gresini Racing)

Baca Juga: Operasi Keempat Jadi Kesempatan Terakhir Marc Marquez Kembali ke MotoGP



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x