Kompas TV nasional politik

Golkar Sodorkan Nama Airlangga Jadi Capres di Koalisi Indonesia Bersatu

Kompas.tv - 3 Juni 2022, 09:35 WIB
golkar-sodorkan-nama-airlangga-jadi-capres-di-koalisi-indonesia-bersatu
Menteri Perekonomian Airlangga Hartarto saat mengumumkan batas larangan ekspor minyak goreng (Sumber: Tangkapan layar YT Perekonomian RI)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS TV - Wakil Ketua Umum Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia mengatakan, pihaknya akan menyodorkan nama Ketua Umum Airlangga Hartarto ke Koalisi Indonesia Bersatu sebagai salah satu usulan calon presiden (Capres) dari partai berlambang pohon beringin tersebut.  

Ia menilai kedua partai politik (parpol) lainnya, yaitu PPP dan PAN akan memaklumi usulan dari Partai Golkar tersebut. 

Baca Juga: Undang Prabowo, Strategi Surya Paloh Hadapi Koalisi Indonesia Bersatu Bentukan PPP, PAN dan Golkar

"Pak Zul (Ketum PAN Zulkifli Hasan) dan Pak Suharso (Ketum PPP Suharso Monoarfa) tahu bahwa Golkar capres-nya adalah Pak Airlangga Hartarto," kata Doli kepada wartawan, Jumat (3/6/2022). 

Menurut dia, Partai Golkar mengusulkan Airlangga sebagai capres merupakan amanat dari hasil Musyawarah Nasional (Munas) 2019 lalu. 

"Di Maret 2021 kami sudah putuskan bahwa capres kami adalah Pak Airlangga, kenapa? karena dia (Airlangga) adalah kader terbaik kami, nah dan itu saya kira semuanya sudah tahu," ujarnya. 

Meski begitu, pihaknya tak akan memaksakan bila nantinya Koalisi Indonesia Bersatu mempertimbangkan sosok lain untuk diusung menjadi capres. 

"Nah terus Koalisi Indonesia Bersatu bagaimana? Punya agenda sendiri yakni bicara tentang seluruh agenda kerja tentang Koalisi Indonesia Bersatu nanti ada sesi pembicaraan tentang itu. Kalau bicara paket capres-cawapres tentu nanti Golkar tak bisa lagi sendiri, bicara bertiga dengan PAN dan PPP," katanya. 

Sebelumnya, sejumlah elite Koalisi Indonesia Bersatu akan menggelar pertemuan di kawasan Gelora Bung Karno, Jakarta, pada Sabtu (4/6/2022). Nantinya, agenda itu akan membahas sosok capres-cawapres yang akan diusung pada gelaran Pilpres 2024 

"Nanti Insya Allah tanggal 4 (Juni) akan ada pertemuan Koalisi Indonesia Bersatu di Gelora Bung Karno di pelataran dengan terbatas," kata Wakil Ketua Umum PAN Yandri Susanto di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (31/5/2022).

Selain itu, pertemuan ini juga untuk menyamakan visi dan misi antar partai politik (parpol) yang masuk Koalisi Indonesia Bersatu. 

Baca Juga: Elite Koalisi Indonesia Bersatu Akan Bahas Capres, Anies-Ganjar Masuk Radar

"Bagaimana membangun tim yang kuat kemudian menjaring calon-calon. Peluang menang gimana itu bagian yang kita bicarakan. Tapi siapa? belum walaupun memang tidak akan lari dari stok yang ada," ujarnya. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x