Kompas TV nasional peristiwa

Cara Mencegah Virus PMK pada Hewan Ternak Sapi dan Kambing

Jumat, 3 Juni 2022 | 06:02 WIB
cara-mencegah-virus-pmk-pada-hewan-ternak-sapi-dan-kambing
Dokter hewan memeriksa kesehatan hewan sapi di salah satu lokasi peternakan di Jakarta, Kamis (12/5/2022). Pemeriksaan dari Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) setempat itu guna mencegah penyebaran wabah virus penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak yang sudah merebak di sejumlah daerah. (Sumber: ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/pras)

Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Belakangan ini, penyakit mulut dan kuku (PMK) menyebar dan menjangkiti hewan ternak, termasuk sapi dan kambing, di sejumlah daerah di Indonesia.

Sejumlah upaya bisa dilakukan untuk mencegah penularan PMK terhadap hewan ternak. Mengutip dari situs resmi DKPP Jawa Barat, setidaknya ada enam langkah pencegahan penyebaran virus PMK hewan ternak.

Pertama, lakukan biosekuriti barang dengan cara disposal, yakni memusnahkan benda-benda yang terkontaminasi. 

Selain itu, melakukan dekontaminasi barang yang masuk kandang dengan cara desinfeksi, fumigasi (metode pengendalian hama menggunakan pestisida), atau menyinari area kandang menggunakan lampu ultra violet.

Kedua, lakukan biosekuriti kandang dengan cara melakukan desinfeksi kandang dan lingkungan sekitar kandang.

Desinfeksi kandang dan peralatan secara berkala setelah selesai digunakan.

Lakukan desinfeksi lingkungan sekitar kandang secara berkala dengan cara membersihkan area kandang, mencuci peralatan, kendaraan, serta bahan-bahan lain yang memungkinkan penularan PMK menggunakan deterjen atau desinfektan.

Baca Juga: Wabah PMK Meluas, Sapi Peternak Disuntik Obat Dan Vitamin

Ketiga, biosekuriti kepada karyawan peternakan atau peternak. Artinya, karyawan atau pegawai peternakan yang akan masuk ke area kandang atau peternakan wajib disemprot desinfektan. 

Selain itu, karyawan peternakan yang masuk kadang harus ganti baju lengkap dengan alat pelindung diri (APD), sepatu boot, dan masker.

Senada, langkah keempat, yakni biosekuriti tamu kunjungan dengan cara memastikan tamu atau orang dari luar peternakan yang akan masuk kandang hewan ternak  mengganti baju dan menggunakan APD, sepatu boot, dan masker.

Halaman Selanjutnya


Sumber : Kompas TV, Kompas.com

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x