Kompas TV olahraga kompas sport

PSSI Bantah Tak Bayar Honor Wasit Liga 3, tapi Akui Ada Wasit Nakal yang Belum Terima Honor

Kompas.tv - 2 Juni 2022, 19:40 WIB
pssi-bantah-tak-bayar-honor-wasit-liga-3-tapi-akui-ada-wasit-nakal-yang-belum-terima-honor
Ilustrasi wasit di Indonesia: PSSI bantah tak bayar honor wasit Liga 3.(Sumber: Kompas.com)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - PSSI membantah kabar yang menyebutkan bahwa pihaknya tak membayar honor wasit yang memimpin pertandingan di Liga 3.

Head of Referee Andesit Listyanto mengatakan, PSSI sudah membayar honor para wasit Liga 3 pada 25 April yang nilainya total mencapai Rp1,1 miliar. 

Namun, dia juga mengakui, memang ada sejumlah wasit yang belum menerima bayaran. 

Andesit menjelaskan bahwa wasit yang belum mendapat upah merupakan wasit 'nakal' atau performanya buruk saat memimpin pertandingan Liga 3.

Maka dari itu, untuk meningkatkan kualitas wasit, PSSI menerapkan sistem reward and punishment

Hal tersebut diharapkan bisa membuat wasit yang memimpin pertandingan di Liga 3 selanjutnya semakin berwibawa, adil, dan tegas.

Baca Juga: Dinilai Bermasalah, 8 Wasit dari Liga 3 Nasional Dihentikan PSSI

PSSI juga beralasan, terlambatnya honor wasit Liga 3 karena sedang fokus untuk mempersiapkan Kongres Biasa pada 30 Mei lalu di Bandung. 

Selain itu, ada pula penyesuaian pembayaran pada babak semifinal dan final untuk wasit di Liga 3, dan Piala Soeratin U-13, U-15, dan U-17 yang berakhir pada akhir Maret lalu. 

"Jadi tidak benar bahwa semua perangkat pertandingan belum dibayar oleh PSSI di Liga 3 dan Piala Soeratin," kata Andesit dikutip dari laman resmi PSSI, Kamis (2/6/2022).

"Memang sistem pembayarannya itu bertahap dan ada penambahan saja. PSSI sangat menyayangkan sejumlah media yang menulis hal ini, tetapi tidak melakukan konfirmasi dulu ke PSSI,’’ ujarnya. 

"Selain itu, ada sejumlah wasit yang bermasalah yang honornya belum kita berikan. Arahan tersebut dari Pak Sekjen (Yunus Nusi) sebagai efek jera kepada perangkat pertandingan yang bermasalah atau tidak benar dalam menjalankan tugas," jelasnya. 

Andesit pun memastikan, jika semua proses sudah rampung,  sisa honor wasit dan perangkat pertandingan pasti akan dibayarkan kepada mereka yang berhak. 

Baca Juga: Demi Pasang Teknologi Video Asisten Wasit VAR di Liga 1, PSSI Segera Cari Sponsor

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Jawa Tengah dan DIY

Harga Bawang Naik

26 April 2024, 10:13 WIB

Close Ads x