Kompas TV regional berita daerah

Sapi Terdampak PMK, Ribuan Liter Susu Segar Dibuang

Kompas.tv - 2 Juni 2022, 17:34 WIB
Penulis : KompasTV Madiun

PONOROGO, KOMPAS.TV - Puluhan ekor sapi perah di Ponorogo, Jawa Timur, terdeteksi suspek PMK. Akibatnya para petani terpaksa membuang ribuan liter susu segar setiap hari. Para petani pun merugi puluhan juta rupiah akibat peristiwa ini.

Hasil pemeriksaan sementara total ada 86 ekor lebih sapi perah di Desa Pudak Kulon, Kecamatan Pudak, Ponorogo, ini terdeteksi penyakit mulut dan kuku. Dari jumlah ini, 16 ekor diantarnya telah menjalani uji laboratorium dan terkonfirmasi positif PMK.

Akibatnya, para peternak harus merugi puluhan juta rupiah sejak sepekan terakhir, karena terpaksa membuang ribuan liter susu segar setiap hari. Karena perusahaan penerima susu segar menolak susu dari sapi yang mengonsumsi antibiotik.

Selain harus merugi puluhan juta rupiah akibat membuang susu segar, petani juga harus membeli antibiotik untuk pengobatan sapi dengan total 48 juta rupiah lebih.

Pihak desa pun berharap Pemerintah Kabupaten Ponorogo, membantu pengobatan untuk ribuan ekor sapi lainnya.

Desa Pudak Kulon menjadi salahsatu desa sentra susu segar. Total ada 3000 ekor lebih sapi perah yang kini terancam tertular PMK. Tak heran jika para petani dan desa khawatir jika tak segera mendapatkan bantuan pengobatan.

#beritaponorogo
#sapiperah
#sususegar
#penyakitsapiperah

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x