Kompas TV nasional peristiwa

Kemlu: Hingga Hari Ketujuh Eril Belum Ditemukan, Pencarian Terus Dilakukan dengan Berbagai Metode

Kamis, 2 Juni 2022 | 16:56 WIB
kemlu-hingga-hari-ketujuh-eril-belum-ditemukan-pencarian-terus-dilakukan-dengan-berbagai-metode
Emmeril Kahn Mumtadz, anak Ridwan Kamil yang hilang saat berenang di sungai Aare, Bern, Swiss. (Sumber: Instagram @emmerilkahn)

Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - Direktur Perlindungan WNI dan BHI Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Judha Nugraha mengungkapkan, hingga hari ini, Kamis (2/6/2022), putra sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril belum ditemukan. 

Judha menuturkan, KBRI Bern akan terus mengupayakan pencarian Eril yang hilang saat berenang di sungai Aare pekan lalu. 

"Ini sudah masuk hari ketujuh upaya pencarian, dan memang hingga saat ini Pak Eril belum bisa ditemukan," kata Judha dalam press briefing, Kamis.

"Berbagai macam upaya terus dilakukan oleh KBRI Bern yang berkoordinasi dengan otoritas setempat untuk menemukan Eril," ujarnya. 

Komitmen Pemerintah Swiss untuk membantu menemukan Eril juga telah ditegaskan Kepala Polisi Maritim, Polisi Kanton Bern, serta Kepala Protokol Kementerian Luar Negeri Swiss Beatrice Schaer yang menemui orang tua Eril yaitu Ridwan Kamil dan istrinya Atalia.

Pertemuan tersebut berlangsung pada Selasa (31/5) dan Rabu (1/6) waktu setempat.

“Disampaikan bahwa pemerintah dan otoritas Swiss mengupayakan sebaik mungkin upaya pencarian dan saat ini terus diintensifkan dengan berbagai macam metode, baik itu melalui darat, perahu, maupun drone," ungkap Judha.

Baca Juga: Pejabat Tinggi Swiss Temui Ridwan Kamil, Bahas Prioritas Utama Pencarian Eril

"Namun memang hingga saat ini (Eril) belum bisa ditemukan. Dan upaya itu akan terus dilanjutkan,” imbuhnya. 

Sebelumnya, Eril dilaporkan hilang saat berenang di sungai Aere pada Kamis (26/5) siang waktu setempat. Ia disebut terseret arus sungai yang cukup deras.

Pada hari ketujuh hilangnya Eril ini, pihak berwenang masih terus menyisir area Marzili hingga pintu air Engehalde. Selain itu, patroli juga tetap dilakukan di area Schwellenmaetteli hingga Wohlensee.

Tak hanya pihak berwenang, Ridwan Kamil dan Atalia juga turut mencari sang putra dengan memeriksa langsung beberapa titik-titik potensial di sepanjang bantaran Sungai Aare.

Di sisi lain, proses pencarian yang masih belum membuahkan hasil membuat Gubernur Jawa Barat ini meminta dukungan masyarakat agar mendoakan mereka.

"Mohon doanya, pencarian ananda Eril masih terus dilakukan. Semoga Allah SWT, memudahkan ikhtiar ini. Aamiin YRA," tulis Ridwan Kamil dalam video yang diunggahnya di Instagram miliknya. 

Baca Juga: Doa dan Harapan Warga Jabar untuk Eril di Tengah Pencarian: Kembali Bersama Keluarga



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x