Kompas TV internasional ekslusif dari swiss

Pejabat Tinggi Swiss Temui Ridwan Kamil, Bahas Prioritas Utama Pencarian Eril

Kompas.tv - 2 Juni 2022, 12:19 WIB
pejabat-tinggi-swiss-temui-ridwan-kamil-bahas-prioritas-utama-pencarian-eril
Ridwan Kamil dan istrinya, Atalia, saat bertemu dengan Kepala Polisi Maritim, Urs Kaller dan Kepala Polisi Regional, Thomas Muller di Bern, Swiss (28/5/2022). (Sumber: KBRI Bern/kemlu.go.id)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV -  Kepala Protokol Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Swiss, Duta Besar Beatrice Schaer menemui Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan sang istri, Atalia Praratya, pada Rabu petang (1/6/2022) waktu setempat. 

Berdasarkan informasi dari Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Bern, dalam pertemuan tersebut Schaer menyampaikan pemerintah Swiss mendukung penuh proses pencarian anak Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril, yang hilang di sungai Aare pekan lalu.

"Duta Besar Schaer kembali menekankan dukungan penuh Pemerintah Swiss atas upaya pencarian Sdr. Eril dan menjadikan pencarian ini sebagai prioritas utama," demikian laporan KBRI yang dimuat dalam situs resmi Kementerian Luar Negeri RI pada Rabu (1/6/2022).

Lebih lanjut, pernyataan itu menuliskan, Duta Besar Schaer juga memastikan Kementerian Luar Negeri Swiss telah berkomunikasi erat dengan pihak Kepolisian Kota Bern dan memantau perkembangan pencarian Eril.

Sebagai informasi, pertemuan itu juga dihadiri oleh Duta Besar RI untuk Swiss, Muliaman Hadad.

Sebelumnya, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril dilaporkan hilang setelah terseret arus di Sungai Aare, Kota Bern, Swiss, pada hari Kamis (26/5) pukul 11.24 waktu setempat.

Upaya pencarian Eril terus diintensifkan dengan metode patroli darat, perahu, dan drone.

Baca Juga: Beredar Rekaman Suara Kondisi Ridwan Kamil saat Cari Eril, Begini Penjelasan Keluarga

Pada hari keenam, atau kemarin, Tim SAR terus menyisir area Marzili hingga pintu air Engehalde.

Selain itu, patroli juga tetap dilakukan di area Schwellenmaetteli hingga Wohlensee.

Tak hanya tim SAR, Ridwan Kamil beserta Atalia, juga masih memeriksa langsung beberapa titik-titik potensial di sepanjang bantaran sungai Aare.

Rute yang ditempuh termasuk rute darat dan sebagian wilayah sungai yang aman dijelajahi manusia.

Sementara itu, perwakilan keluarga besar Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Erwin Muniruzaman, mengungkapkan, pihaknya sudah ikhlas menerima apa pun takdir Eril yang hilang saat berenang di Sungai Aare, Bern, Swiss.

"Dari pihak keluarga, Kang Emil (Ridwan Kamil) dan Teh Lia (Atalia) dan keluarga besar yang ada di sini, kami sudah ikhlas apa pun yang menjadi nanti takdirnya A Eril," kata Erwin dalam keterangan video.

"Kemudian untuk antisipasi berbagai skenario tersebut, memang dari pihak keluarga sudah berkonsultasi dengan beberapa ulama, untuk kami dapat mempersiapkan apa yang seharusnya dilakukan, sesuai dengan syariat Islam terhadap apa pun yang nantinya menjadi takdir Eril," ujarnya.

Kakak kandung Ridwan Kamil itu menambahkan bahwa saat ini pihak keluarga masih menunggu hasil pencarian hari keenam atas Eril.

Baca Juga: Tulisan tentang Perjuangan Ridwan Kamil Cari Eril di Sungai Aare Viral, Bikin Netizen Nangis

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x