Kompas TV nasional peristiwa

Bagaimana Reaksi Densus 88 hingga Pagar Nusa NU Soal Video Konvoi Kebangkitan Khilafah di Cawang?

Kompas.tv - 31 Mei 2022, 17:18 WIB
bagaimana-reaksi-densus-88-hingga-pagar-nusa-nu-soal-video-konvoi-kebangkitan-khilafah-di-cawang
Tangkapan layar rombongan pengendara motor bawa atribut khilafah saat melintas di Cawang, Jakarta, Minggu (29/5/2022). (Sumber: Kompas.tv/Ant/Twitter/@miduk17/Yogi Rachman)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sebuah video yang memperlihatkan konvoi pengendara motor membawa atribut berupa poster hingga bendera bertuliskan 'Sambut Kebangkitan Khilafah Islamiyah' bikin heboh media sosial. 

Berdasarkan narasi dalam video tersebut, diduga konvoi itu dilakukan di Kawasan Cawang, Jakarta Timur, pada Minggu (29/5/2022) sekitar pukul 09.14 WIB.

Baca Juga: Politikus PDIP Desak Polri Telusuri Rombongan yang Konvoi Kampanye Atribut Khilafah di Jakarta

Para pengendara motor yang berkonvoi tersebut mayoritas mengenakan seragam berwarna dominan hijau.

Sejumlah pihak lantas menanggapi terkait kejadian tersebut seperti Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri dan juga Pagar Nusa NU.

Adapun Densus 88 Antiteror Polro mengaku sudah memantau kejadian viralnya aksi konvoi kebangkitan khilafah yang sempat beredar di media sosial beberapa hari lalu.

Kepala Bagian (Kabag) Bantuan Operasi (Banops) Densus 88 Antiteror Polri Kombes Pol Aswin Siregar mengatakan pihaknya masih menyelidiki kejadian tersebut.

“Densus 88 sudah monitor dan masih menyelidiki peristiwa ini,” kata Aswin saat dikonfirmasi, Selasa (31/5/2022), sebagaimana dikutip dari Kompas.com.

Baca Juga: Kemenag Tanggapi Rombongan Pemotor Pamer Atribut Khilafah di Jakarta Timur Jelang 1 Juni

Menurut Kombes Aswin, Densus 88 tengah melakukan penyelidikan dengan pihak kepolisian terkait untuk mendalami peristiwa itu.

“Dengan bekerja sama dengan unit kepolisian terkait lainnya,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan menyebut konvoi berbendara Khilafah itu tidak dibenarkan di Indonesia.

"Terkait dengan adanya video yang di media sosial, terkait adanya patroli kendaraan bermotor membawa tulisan Khilafah, tentu hal ini tidak dibenarkan," sambung Zulpan.

Baca Juga: Jaringan Moderat Yakin Konvoi Khilafah Terkait 2024, Polisi Harus Tindak Tegas

Selain polisi, organisasi Pagar Nusa juga memberikan tanggapan atas konvoi kebangkitan Khilafah tersebut.



Sumber : Kompas.com/Kompas.tv


BERITA LAINNYA



Close Ads x