Kompas TV nasional politik

Politikus PDIP Desak Polri Telusuri Rombongan yang Konvoi Kampanye Atribut Khilafah di Jakarta

Kompas.tv - 31 Mei 2022, 15:58 WIB
politikus-pdip-desak-polri-telusuri-rombongan-yang-konvoi-kampanye-atribut-khilafah-di-jakarta
Tangkapan layar pemotor bawa atribut Khilafah di Jakarta Timur (Sumber: istimewa) 
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS TV - Anggota DPR RI Fraksi PDIP Muchamad Nabil Haroen mendesak aparat kepolisian untuk menelusuri keberadaan oknum yang melakukan konvoi kampanye khilafah di sepanjang jalan Raya Bogor, Kramat Jati, Jakarta Timur, Minggu (29/5/2022). 

Menurutnya, aparat penegak hukum harus tegas dalam menegakkan ideologi Pancasila dan UUD 1945.

Sebab, setiap jengkal upaya untuk mengkampanyekan dan menggerakkan khilafah tidak boleh dibiarkan.  

"Terkait dengan gerakan khilafah di Indonesia, jangan sampai ada yang merongrong NKRI kita. Apalagi, sebentar lagi kita memasuki tahun politik dalam proses kepemimpinan nasional, tentu kesatuan dan persatuan harus dijaga," ujarnya dalam keterangan tertulis, Selasa (31/5/2022). 

Baca Juga: Kemenag Tanggapi Rombongan Pemotor Pamer Atribut Khilafah di Jakarta Timur Jelang 1 Juni

Ia menyebut, konvoi dan kampanye khilafah tidak dibenarkan di Tanah Air.

Indonesia merupakan negara yang disangga oleh nilai-nilai demokrasi permusyawaratan sebagaimana tertuang dalam Pancasila. 

"Nilai-nilai Pancasila selama ini menjadi basis pondasi keindonesiaan, yang secara harmonis terkoneksi dengan nilai-nilai keislaman. Jadi, nilai-nilai universal Islam menjadi ruh dari Pancasila," katanya. 

Ketua Umum Pimpinan Pusat Pagar Nusa Nahdlatul Ulama (NU) ini mengatakan bahwa pihaknya ikut mengawal tegaknya NKRI. 

"Pagar Nusa bersama kader-kader NU yang lain juga konsisten melawan kampanye radikal gerakan khilafah di Indonesia. Kami juga bersama kader-kader PDIP dan barisan nasionalis terus berjuang untuk mengawal Indonesia, jangan sampai ada upaya melemahkan Indonesia," kata dia. 

Sebelumnya, rombongan pemotor membawa atribut khilafah terekam di sepanjang jalan Raya Bogor, Kramat Jati Jakarta Timur, Minggu (29/5/2022). 

Mereka membawa bendera dan semacam banner di belakang motor, tertulis "Sambut Kebangkitan Khilafah Islamiyah".

Kemunculan video yang viral itu terjadi hanya beberapa hari jelang Hari Lahir Pancasila yang jatuh pada Besok Rabu, 1 Juni 2022. 

Petugas keamanan toko baju di Jalan Raya Bogor, Sholeh, bercerita tentang rombongan pengendara motor yang membawa atribut khilafah itu.

Diketahui rombongan konvoi itu sempat membagikan selebaran saat melintas di Jalan Raya Bogor, Kramat Jati, Jakarta Timur (Jaktim).

Baca Juga: MUI soal Konvoi Pamer Atribut Khilafah Jelang 1 Juni: Sengaja Dibikin, Tandingan Pancasila

Sholeh mengatakan, dirinya melihat rombongan pengendara sepeda motor yang membawa poster dan bendera Khilafatul Muslimin itu melintas sambil membagikan selebaran.

"Rombongan tersebut berhenti dan membagikan selebaran khilafah, kurang lebih lima menit sambil menunggu rekan-rekannya," kata Sholeh, di Jakarta, dikutip dari Antara selasa (31/5/2022).



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x