Kompas TV regional update

Update Kondisi KM Ladang Pertiwi Tenggelam di Selat Makassar, 21 Penumpang Masih dalam Pencarian

Kompas.tv - 30 Mei 2022, 10:00 WIB
update-kondisi-km-ladang-pertiwi-tenggelam-di-selat-makassar-21-penumpang-masih-dalam-pencarian
Tangkapan layar proses pencarian KM Ladang Pertiwi yang tenggelam di perairan Selat Makassar pada Kamis (26/5). (Sumber: Basarnas Makassar)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Purwanto

MAKASSAR, KOMPAS.TV - Empat penumpang Kapal Motor (KM) Ladang Pertiwi 2 yang tenggelam di perairan Selat Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) ditemukan dalam kondisi selamat, pada Minggu (29/5/2022).

Penumpang KM Ladang Pertiwi 2 yang masih dicari berjumlah 21 orang. KM Ladang Pertiwi 2 diketahui mengangkut 42 orang penumpang.

Kepala Basarnas Sulawesi Selatan, Djunaidi mengatakan ditemukannya 21 penumpang yang selamat seusai timnya mencari korban hilang pada hari keempat.

"Ada empat korban dinyatakan selamat, diambil KRI Hasanuddin dari kapal kargo (Viar Ocean) lalu dibawa ke Kota Baru (Kalimantan Tengah) untuk dievakuasi. Saat ini jumlah korban ditemukan dalam keadaan selamat 21 orang," kata Kepala Basarnas Sulsel, Djunaidi, dilansir dari Antara pada Senin (30/5/2022).

Djunaidi memastikan seluruh penumpang yang ditemukan selamat seluruhnya pada pencarian hingga Minggu (29/5/2022). 

Baca Juga: Kesaksian Korban Selamat Saat KM Ladang Pertiwi Tenggelam

"Sejauh ini belum ada ditemukan korban meninggal dunia," ujarnya.

Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan menyiapkan tim forensik di posko Disaster Victim Indentification (DVI) di Pelabuhan Paotere. 

Posko itu nantinya akan mengidentifikasi semua korban KM Ladang Pertiwi 2.

"Kami antisipasi siapkan tim DVI Polda Sulsel. Tindak lanjutnya, kami buka posko di Pelabuhan Paotere," kata Kepala Biddokes Polda Sulsel Kombes Yusuf M.

KM Ladang Pertiwi 2 bertolak dari Pelabuhan Rakyat Paotere, namun tenggelam di perairan Selat Makassar pada Kamis 26 Mei 2022 pukul 03.30 WITA. Informasi tersebut baru diketahui petugas keamanan laut pada Jumat 27 Mei 2022.

KM Ladang Pertiwi ini rencananya menyebrang ke Pulau Pamantauang, Pulau Masalima, Pulau Salirian, dan Pulau Pamalikan.

Baca Juga: SAR Masih Cari Puluhan Penumpang KM Ladang Pertiwi yang Tenggelam, Gubernur Pantau Lewat Helikopter



Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x