Kompas TV regional update

Transjakarta Tambah Bus Manggarai-Blok M, Antisipasi Lonjakan Penumpang akibat Perubahan Rute KRL

Kompas.tv - 30 Mei 2022, 09:55 WIB
transjakarta-tambah-bus-manggarai-blok-m-antisipasi-lonjakan-penumpang-akibat-perubahan-rute-krl
Ilustrasi: Bus transjakarta melintas di Jalan M.H Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (6/2/2020). (Sumber: KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV – PT Transjakarta menambah armada bus untuk untuk melayani rute Manggarai-Blok M untuk mengantisipasi lonjakan penumpang.

Penjelasan itu disampaikan Kepala Departemen Komunikasi Korporasi dan CSR PT Transjakarta Iwan Samariansyah.

Menurutnya, penambahan rute tersebut, merupakan langkah mencegah lonjakan penumpang akibat perubahan pola operasi perjalanan KRL Jabodetabek di Stasiun Manggarai.

"PT menyiapkan penyesuaian layanan guna mengurangi penumpukan penumpang. Transjakarta melakukan penambahan sebanyak lima unit single bus pada layanan Manggarai-Blok M (6M)," ujar Iwan dalam keterangan tertulis, Senin (30/5/2022).

Iwan menambahkan, masyarakat dapat memanfaatkan beragam rute Transjakarta dari Stasiun Manggarai.

Baca Juga: Dirlantas Polda akan Evaluasi Operasional Transjakarta saat CFD

Beberapa rute tersebut di antaranya seperti rute 4B Manggarai-UI, Pulogadung-Tosari (koridor 4), dan Pulogadung-Kuningan (4D) yang melintasi Manggarai.

"Pelanggan (juga) diminta untuk tetap memenuhi aturan protokol kesehatan yang berlaku selama penerapan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 1," kata Iwan.

Sebagai informasi, mulai 28 Mei, perjalanan KRL lintas Bogor hanya melayani relasi Bogor/Depok/Nambo-Jakarta Kota PP melalui Stasiun Manggarai.

Sementara, pola operasi loop line dilayani KRL lintas Cikarang/Bekasi dengan 2 skema, yaitu full racket Cikarang/Bekasi PP via Manggarai atau Pasar Senen dan half racket Cikarang/Bekasi-Kampung Bandan/Angke PP via Manggarai.

Baca Juga: Minimnya Tanda Peringatan, Sebuah Mobil Rusak Parah Akibat Hantam Separator Bus Transjakarta

Selain itu, rute Bogor menuju Sudirman/Tanah Abang dan Bekasi menuju Jakarta Kota dihapus.

Meski demikian, rute KRL Jabodetabek lintas Rangkasbitung dan lintas Tangerang, perjalanan KA Bandara Soekarno-Hatta, serta KA jarak jauh tidak berubah.

Perjalanan KA lintas Bogor/Depok/Nambo akan dilayani di lantai 2 Stasiun Manggarai peron 10-13, lintas loop line Cikarang/Bekasi dilayani di lantai dasar peron 6 dan 7, dan perjalanan KA Bandara Soekarno-Hatta dilayani di lantai dasar peron 8 dan 9.



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x