Kompas TV nasional berita utama

Buya Syafii Maarif Wafat, Jokowi akan Melayat ke Yogyakarta Siang Ini

Kompas.tv - 27 Mei 2022, 13:49 WIB
buya-syafii-maarif-wafat-jokowi-akan-melayat-ke-yogyakarta-siang-ini
Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan berangkat ke Yogyakarta untuk melayat jenazah Buya Syafii Maarif. (Sumber: Tangkapan Layar Youtube Setpres/ninuk)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan berangkat ke Yogyakarta untuk melayat jenazah Buya Syafii Maarif.

Hal ini disampaikan Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi, seperti diwartakan Antara, Kamis (27/5/2022). 

Heru tidak merujuk waktu pasti keberangkatan melayat, namun dia mengatakan orang nomor satu di Indonesia ini akan melayat ke Masjid Gedhe Kauman, sebelum jenazah diantar ke pemakaman.

"Bapak Presiden ke Yogyakarta melayat siang ini. Melayat ke Masjid Gede Kauman Yogya," kata Heru. 

Diberitakan KOMPAS.TV sebelumnya, Buya Syafii Maarif meninggal dunia pada hari ini pukul 10.15 WIB di RS PKU Muhammadiyah, Gamping, Sleman, Yogyakarta.

Kabar berpulangnya Buya Syafii pada pagi ini dikabarkan Ketum PP Muhamadiyah, Haedar Nashir.

Adapun jenazah disalatkan di Masjid Gedhe Kauman, Yogyakarta, sebelum nantinya dimakamkan di pemakaman Muhammadiyah, Husnul Khotimah, yang berada di Kulon Progo, DIY.

Baca Juga: Jenazah Buya Syafii Maarif Disalatkan di Masjid Gedhe Kauman Jogjakarta, Ratusan Jemaah Hadir

Kenangan Terakhir Jokowi Bersama Buya Syafii Maarif

Sebelumnya, Presiden Jokowi telah mengucapkan duka mendalam atas meninggalnya Buya Syafii Maarif melalui akun Instagram resmi @Jokowi.

"Innalillahi wa inna ilaihi rajiun. Atas nama pemerintah, rakyat Indonesia, saya menyampaikan belasungkawa yang dalam atas berpulangnya Buya Syafii," tulis Jokowi.

"Semoga segala amal ibadah almarhum diterima oleh Allah SWT, diampuni kesalahannya, dan segenap keluarga yang ditinggalkan sabar dan tabah," imbuhnya.

Mantan Wali Kota Surakarta dan Gubernur DKI Jakarta ini turut mengenang saat dirinya menjenguk Buya Syafii di Sleman.

"Dua bulan lalu, saya datang menjenguk Buya Syafii di kediamannya di Kabupaten Sleman, Yogyakarta, saat beliau baru keluar dari rumah sakit seusai perawatan selama beberapa hari," ujarnya.

Saat itu, lanjut Jokowi, Buya Syafii Maarif terlihat sehat dan bugar. Menurut dia, itulah momen terakhir pertemuan dirinya dengan Buya Syafii Maarif.

Baca Juga: Kenang Buya Syafii Maarif, Jokowi: Selamat Jalan Sang Guru Bangsa



Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x