Kompas TV nasional peristiwa

Buya Syafii Maarif dalam Kenangan Para Tokoh dan Sahabat: Guru Bangsa yang Sederhana

Kompas.tv - 27 Mei 2022, 11:22 WIB
buya-syafii-maarif-dalam-kenangan-para-tokoh-dan-sahabat-guru-bangsa-yang-sederhana
Presiden Jokowi didampingi Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir saat menjenguk Buya Syafii Maarif (Sumber:Kompas.com-)
Penulis : Iman Firdaus
 

JAKARTA, KOMPAS.TV- Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Ahmad Syafii Maarif meninggal dunia pada Jumat Jumat (27/5/2022). 

Kabar duka ini disampaikan Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Haedar Nashir.

Haedar menuturkan Buya Syafii wafat pukul 10.15 WIB di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Gamping, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

"Muhammadiyah dan bangsa Indonesia berduka. Telah wafat Buya Prof Dr H Ahmad Syafii Maarif pada hari Jumat, 27 Mei 2022 pukul 10.15 WIB di RS PKU Muhammadiyah Gamping," kata Haedar dalam keterangannya Jumat. 

Para tokoh, pejabat publik pun banyak yang tak kuasa menahan sedih yang diungkapan lewat akun medsos masing-masing. Semua mengenang sosok Buya Syafii Maarif sebagai tokoh bangsa yang mengajarkan teladan dan kesederhanaan.


"Inna lillah wa inna ilaihi raji'un. Tlh wafat Buya Ahmad Syafii Maarif, mantan Ketua PP Muhammadiyah pd hr ini jam 10.15 di Yogyakarta. Ummat Islam dan bangsa Indonesia kehilangan lg salah seorang tokoh besarnya. Semoga Buya Syafii diampuni segala dosanya dan mendapat surga-Nya," kata Menkopolhukam Mahfud MD.

Baca Juga: Jenazah Buya Syafii Maarif Disemayamkan di Masjid Gedhe Kauman, Dimakamkan di Kulonprogo


Hal yang sama disampaikan Menteri BUMN Erick Tohir: "Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un. Turut berduka cita atas meninggalnya Buya Syafii Maarif. Semoga almarhum diampuni segala kesalahan serta diterima segala amal ibadahnya oleh Allah SWT. Kita kehilangan guru bangsa, yang selalu menyebarkan kebaikan, kedamaian dan kesejukan."

Menurut aktivis Nahdlatul Ulama (NU) Ahmad Sahal, Buya Syafii adalah Gus Dur-nya Muhammadiyah. 


"Buya Syafii adalah Gus Dur-nya Muhammadiyah, dan Gus Dur adalah Buya Syafiinya NU.

Dan Buya baru saja menyusul Gus Dur.Inna lillahi wa inna ilaihi rajiun. Selamat Jalan Buya. Semoga husnul khatimah," kata Sahal.

Sementara salah satu Pimpinan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Zubairi Djoerban merindukan sosok seperti Buya.

"Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un. Amat sedih mendengar kabar Buya Syafii Maarif meninggal dunia. Tokoh besar, panutan, dan kita semua akan sangat merindukan sifat negarawannya. Beristirahatlah dalam damai Buya."

Pengamat politik dan Direktur Charta Politika Yunarto Wijaya mengungkapkan  teladan yang sebenar-benarya dari Buya Syafii. 

Baca Juga: Mantan Ketum PP Muhammadiyah Buya Syafii Maarif Meninggal Dunia

"RIP Buya Syafii Maarif... Teladan dalam arti sebenar-benarnya... Salah satu sosok yg membuat saya percaya bahwa kebaikan dan kejujuran masih ada di bangsa & negara ini.. Selamat Jalan Buya."



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x