Kompas TV nasional peristiwa

Jenazah Buya Syafii Maarif Disemayamkan di Masjid Gedhe Kauman, Dimakamkan di Kulonprogo

Kompas.tv - 27 Mei 2022, 11:13 WIB
jenazah-buya-syafii-maarif-disemayamkan-di-masjid-gedhe-kauman-dimakamkan-di-kulonprogo
Jenazah mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Buya Syafii Maarif  disemayamkan di Masjid Besar Kauman dan dimakamkan  Jogjakarta (Sumber: Kompas TV/ Nadia Intan)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Desy Afrianti
 

JAKARTA, KOMPAS.TV - Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Ahmad Syafii Maarif atau Buya Syafii Maarif wafat pada Jumat (26/5/2022) pagi.

Berdasarkan keterangan dari Ketua Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) Budi Setiawan, almarhum Buya Syafii akan disalatkan dan disemayamkan di Masjid Gedhe Kauman, Yogyakarta. 

"Almarhum dibawa ke Masjid Besar Kauman untuk disemayamkan," kata Budi kepada wartawan, Jumat.

Lebih lanjut Budi menuturkan jenazah akan dimakamkan di Kulonprogro selepas salat Ashar. 

"Ba’da ashar akan dimakamkan di Pemakaman Husnul Khotimah. Pemakaman Muhammadiyah Tepatnya di Dusun Donomulyo, Kapanewon Nanggulan, Kabupaten Kulonprogo," ujarnya. 

Baca Juga: Mantan Ketum PP Muhammadiyah Buya Syafii Maarif Meninggal Dunia

Diberitakan sebelumnya, kabar meninggalnya Buya Syafii ini disampaikan oleh Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Haedar Nashir.

Haedar menuturkan Buya Syafii wafat pukul 10.15 WIB di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Gamping, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

"Muhammadiyah dan bangsa Indonesia berduka. Telah wafat Buya Prof Dr H Ahmad Syafii Maarif pada hari Jumat, 27 Mei 2022 pukul 10.15 WIB di RS PKU Muhammadiyah Gamping," kata Haedar dalam keterangannya Jumat. 

"Semoga beliau husnul khatimah, diterima amal ibadahnya, diampuni kesalahannya, dilapangkan di kuburnya, dan ditempatkan di jannatun na'im," ujarnya.

"Mohon dimaafkan kesalahan beliau dan doa dari semuanya," ucap Haedar.

Sebagai informasi, pada Sabtu (14/5), Buya Syafii sempat dirawat RS PKU Muhammadiyah Gamping, Sleman karena mengalami sesak nafas.

Namun pada 17 Mei kemarin, pihak rumah sakit menyebut kondisi Buya Syafii sudah stabil. 

Baca Juga: Potret Hangat Presiden Jokowi Jenguk Buya Syafii di Sleman



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x