Kompas TV nasional peristiwa

Usai Hadiri Nikahan Adik, Jokowi Blusukan ke Taman Balekambang dan Pasar Mojosongo

Kompas.tv - 26 Mei 2022, 13:46 WIB
usai-hadiri-nikahan-adik-jokowi-blusukan-ke-taman-balekambang-dan-pasar-mojosongo
Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat berkunjung ke Taman Balekambang Solo, Jawa Tengah, pada Kamis (26/5/2022). (Sumber: KOMPAS.COM/Fristin Intan Sulistyowati)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Desy Afrianti

SOLO, KOMPAS.TV - Seusai menghadiri akad nikah adiknya, Idayati dan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman, Presiden Joko Widodo (Jokowi) langsung berkunjung ke Taman Balekambang Solo, Jawa Tengah, Kamis (26/5/2022). 

Mengutip dari Tribun Solo, Kepala Negara ini tiba di Balekambang sekitar pukul 11.15 WIB. 

Dalam kunjungannya ini Jokowi turut didampingi Ibu Negara Iriana, kemudian sang putra Gibran Rakabuming Raka yang juga Wali Kota Surakarta, dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Kepada awak media, Jokowi mengaku maksud kedatangannya ke Balekambang adalah untuk meninjau aktivitas para seniman kesenian rakyat.

"Saya berkunjung ke Balaikambang dalam rangka melihat geliat aktivitas para seniman," kata Presiden Jokowi.

"Utamanya seniman rakyat, baik itu ketoprak, wayang orang, reok, dan lainnya yang kita tau sudah 2 tahun fakum," ujarnya.

Baca Juga: Momen Presiden Jokowi jadi Wali Nikah Adiknya dengan Anwar Usman

Menggutip dari Kompas.com, di taman Balekambang, Jokowi juga membagikan kaos dan amplop berisi sejumlah uang kepada para seniman tersebut.

Mantan wali kota Solo dan Gubernur DKI Jakarta tersebut berujar, dirinya berharap pandemi Covid-19 bisa segera terkendali, sehingga aktivitas kesinian bisa dimulai seperti sedia kala.

"Seni tradisi, wayang orang, reog, ketoprak, semuanya harus dihidupkan kembali dalam rangka merawat seni budaya kita," ujar Jokowi.

Usai dari Balekambang, Jokowi kemudian mengunjungi Pasar Mojosongo Solo. Kedatangannya pun sempat dielu-elukan oleh warga dan pedangan.

Teriakan 'Pak Jokowi, Pak Jokowi' terdengar keras dari sejumlah pedagan. Di Pasar Mojosongo Presiden juga membagikan bantuan kepada pedagang pasar.

"Ini bebarengan dengan pernikahan, sudah selesai, sekarang waktunya bagi saya membagikan bantuan Presiden untuk pedagang, UMKM, dan PKL di Pasar Mojosongo," ujarnya.

Baca Juga: Sederet Tokoh Hadir Pernikahan Ketua MK dan Adik Jokowi, Surya Paloh hingga Wiranto



Sumber : Tribun Solo/Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x