Kompas TV regional berita daerah

Cegah PMK, Pasar Hewan Magelang Ditutup

Kamis, 26 Mei 2022 | 12:05 WIB

Penulis : KompasTV Jateng

MAGELANG, KOMPAS.TV - Pasar hewan di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, ditutup untuk sementara waktu untuk mencegah penyebaran penyakit mulut dan kuku. 

Salah satu pasar hewan yang ditutup yakni Pasar Hewan Muntilan, Kabupaten Magelang. Penutupan pasar hewan ini ditutup mulai 24 Mei 2022 hingga 6 Juni 2022 mendatang. Total sebanyak delapan pasar hewan di Kabupaten Magelang juga ikut ditutup. Selama penutupan pasar hewan tersebut, pemerintah melakukan sterilisasi pasar dan juga hewan ternak yang ada di masyarakat.

Penutupan pasar hewan dilakukan menyusul adanya sembilan hewan ternak yang ada di tiga kecamatan di Kabupaten Magelang suspect penyakit mulut dan kuku atau PMK, yakni di Kecamatan Salaman sebanyak tujuh kasus, serta Kecamatan Grabag dan Kecamatan Salam masing-masing satu kasus. Menurut Adi Waryanto, Sekda Kabupaten Magelang, Pemerintah Kabupaten Magelang  bekerja sama dengan instansi lainnya dalam rangka pencegahan penyakit menular tersebut.

"Pemerintah daerah melalui dinas peternakan dan perikanan. Sudah mengambil langkah-langkah medis kepada hewan, ataupun langkah-langkah preventif, menutup sementara pasar hewan," kata Adi Waryanto.

Pemerintah Kabupaten Magelang juga bekerja sama dengan kepolisian untuk menjaga daerah perbatasan, agar hewan ternak yang masuk ke wilayah Kabupaten Magelang benar-benar aman.

#pmk #magelang #pasarhewanmuntilan

 

 


Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x