Kompas TV regional berita daerah

Penyakit Mulut dan Kuku Juga Menyerang Ternak Domba

Kompas.tv - 26 Mei 2022, 11:25 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SLEMAN, KOMPAS.TV - Dinas pertanian pangan dan perikanan Kabupaten Sleman bersama Balai Besar Veteriner Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, menemukan sembilan ekor ternak domba yang positif terjangkit penyakit mulut dan kuku atau PMK.

Ternak domba yang positif penyakit mulut dan kuku ini ditemukan di kawasan Berbah, Sleman, dan kini tengah ditangani oleh petugas poskeswan setempat. Agar tidak menular ke hewan ternak lainnya, domba-domba yang positif PMK diisolasi dalam satu kandang, dan rutin dilakukan penyemprotan desinfektan setiap pagi dan sore hari.

Awal mula penyebaran penyakit mulut dan kuku di tempat ini bersumber dari seekor domba asal Garut, Jawa Barat, yang dibeli oleh seorang peternak. Domba asal Garut itu kemudian disatukan dengan delapan ekor domba lainnya, sehingga terjadi penularan PMK.

"Di Sleman ada positif sembilan domba, terpapar PMK," ujar Suparmono, PLT Kadis Pertanian Pangan dan Perikanan Kab. Sleman.

Setelah temuan ternak positif penyakit mulut dan kuku, Pemerintah Kabupaten Sleman mulai melakukan pembatasan hewan ternak yang masuk dan keluar wilayahnya.

#sleman #pmk #domba

 

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x