Kompas TV nasional peristiwa

Fakta-fakta Menarik Seputar Pernikahan Adik Jokowi dengan Ketua MK

Kompas.tv - 26 Mei 2022, 10:08 WIB
fakta-fakta-menarik-seputar-pernikahan-adik-jokowi-dengan-ketua-mk
Dekorasi pernikahan Ketua MK Anwar Usman dengan adik Jokowi, Idayati (Sumber: Kompas.tv/ Natalia)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Desy Afrianti

SURAKARTA, KOMPAS.TV - Gelaran pernikahan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman dengan adik Presiden RI Joko Widodo, Idayati menjadi sorotan dari berbagai pihak. Keduanya dikabarkan saling mengenal setahun belakangan yang kemudian mengambil langkah untuk ke jenjang yang lebih serius.

Septiara Silvani Putri (32), putri dari Idayati membeberkan, Anwar dan Idayati sudah saling mengenal sejak tahun 2021, namun ia enggan menyebutkan secara pasti kapan pertemuan itu terjadi.

Hubungan keduanya pun terus berlanjut seiring dengan komunikasi yang makin intensif. "Ketemu beberapa kali, ngobrol, cocok dan kemudian berlanjut lah ke jenjang yang lebih serius," kata Putri dalam konferensi pers, Rabu (25/5/2022).

Untuk mengetahu lebih lanjut pernikahan yang menjadi sorotan publik ini, berikut fakta-fakta menarik seputar pernikahan adik Jokowi yakni Idawati dengan Ketua MK Anwar Usman;

  • Gunakan konsep Jawa Klasik

Nuansa ini tampak dari megahnya dekorasi berbentuk limasan di panggung pengantin di bagian dalam GSB. Hal ini dipadukan kehadiran joglo tumpang sari. 

Untuk hiasan, selain dominasi bunga sedap malam dan dekorasi bunga perpaduan, putih, merah dan ungu, ornamen wayang Kamajaya-Kamaratih dan gunungan berwarna emas turut menghiasi tempat pernikahan Ketua MK dan adik Jokowi tersebut.

Lalu, ada dua unsur musik yang akan disuguhkan yakni, gamelan dan modern. Judika diketahui akan hadir memeriahkan acara ini berserta suguhan musik dari Magma Entertainment.

Baca Juga: Bocoran Pernikahan Adik Jokowi dengan Ketua MK, Mulai Tak Ada Dine In hingga Sistem Barcode

  • Diapit putra/putri

Pengantin biasanya saat di pelaminan akan diapit oleh kedua orang tua. Berbeda dalam pernikahan ini, pengantin akan diapit oleh kedua putra/putrinya. Adapun, baik Idayati maupun Anwar Usman berstatus “sendiri”, setelah pasangan masing-masing meninggal dunia.

Ketua Mahkamah Konstitusi Anwar Usman resmi menikahi adik Presiden Joko Widodo, Idayati di Graha Saba Buana, Solo, Jawa Tengah, Kamis (26/5/2022) (Sumber: istimewa)
  • Saksi pernikahan

Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa dan Wakil Presiden Maruf Amin menjadi saksi penikahan Ketua MK Anwar Usman dan Idayati.

  • Kerahkan ribuan perseonel keamanan

Sebanyak  1.364 personel baik dari Polri, TNI, Satpol PP dan Dinas Perhubungan Kota Surakarta disiapkan untuk mengawal acara pernikahan tersebut. Mengingat, upacara pernikahan itu banyak dihadiri tamu VVIP.

  • Tak ada dine in (makan di tempat)

Tak ada gelaran makan di tempat acara atau dine in dan semua makanan akan diberikan dalam bentuk hampers atau bingkisan.

  • PCR dan sistem barcode

Mengingat masih dalam situasi pandemi Covid-19, semua tamu pada akad nikah akan melalui tes PCR. Selain itu, aturan pada saat akad lebih ketat karena Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin akan hadir dalam acara. Sedangkan, aturan pada acara resepsi akan lebih longgar tanpa barcode.

  • Katering milik Gibran

Katering yang dipilih dalam gelaran ini tak lain dan tak bukan menggunakan katering milik anak dari Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka yakni, Chili Pari.

Baca Juga: Persiapan Hampir Rampung, Karangan Bunga Mulai Hiasi Lokasi Pernikahan Ketua MK dengan Adik Jokowi

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x